Beranda Berita Utama Pemprov Jabar Bantu Warga Terdampak Corona Senilai Rp 500 Ribu

Pemprov Jabar Bantu Warga Terdampak Corona Senilai Rp 500 Ribu

174
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|BANDUNG _ Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengumunkan, bahwa Pemerintah Provinsi Jabar akan memberikan bantuan terhadap warga yang terdampak Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) senilai Rp 500 ribu per orang. Bantuan tersebut akan diberikan berupa uang tunai dan sembako.

“Minggu depan kita akan salurkan bantuan keuangan kepada warga terdampak Covid-19,” kata pria yang aktab disapa Kang Emil tersebut, Kamis (26/3/2020).

Ia mengungkapkan, Pemprov Jabar bersama Tim Ekonomi dari Unipersitas Padjajaran (Unpad) telah melakukan kajian. Hasilnya, diperkirakan sekitar satu juta warga Jabar terdampak Covid-19.

“Hasil kajian Bappeda Jabar dan Tim Ekonomi Unpad, estimasi satu juta orang yang terdampak. Jadi Anggaran untuk bantuan keuangan ini sebanyak Rp 5 triliun,” ungkap dia.

Ia juga meminta agar 27 kabupaten/kota di Jabar turut memberikan bantuan yang sama sesuai dengan kemampuan keuangan daerah masing-masing.

“Jadi nanti yang diterima masyarakat mungkin tidak Rp 500 ribu, tapi bisa lebih,” ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, Pemprov Jabar juga akan menggelontorkan Rp 13 triliun untuk membentuk usaha padat karya. Usaha ini akan diperuntukan bagi masyarakat terdampak Covid-19.

“Sehingga warga yang tiba-tiba jadi pengangguran akibat Covid-19 akan dipekerjakan dalam proyek-proyek pemerintah ini,” kata dia.(red)