Beranda Berita Utama Nyoman Tirtawan Bersama Ribuan Warga Orhiba Melakukan Aksi Clean up di Bali

Nyoman Tirtawan Bersama Ribuan Warga Orhiba Melakukan Aksi Clean up di Bali

340
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|BULELENG _ Politisi Partai Nasdem sekaligus aktivis lingkungan Nyoman Tirtawan tiada henti melakukan gerakan aksi bersih-bersih. Dengan melibatkan ribuan warga ORHIBA dan beberapa warga Desa Pakisan, Bebetin, Sekumpul dan Sudaji. Minggu (24 November 2019)

Ratusan kampil sampah plastik berhasil dikumpulkan dari Sungai Penarukan,Sungai Saba Kelurahan Seririt dan beberapa Desa terkait. Meski tanpa mahar dalam acara Clean up Bali, warga sangat antusias untuk melakukan aksi. Karena menyadari bahwa kebersihan lingkungan adalah indikator kemajuan pariwisata.

Dikonfirmasi disela-sela melakukan pungutan sampah politisi NasDem  Nyoman Tirtawan yang juga sempat menyelamatkan anggaran Pilgub Bali sebesar 99 miliyar menyebutkan, ” Apa gunanya jika investasi atau uang banyak kemudian alam dan lingkungan hancur serta tercemar oleh sampah plastik ,lingkungan hancur-jorok-kotor maka kita gampang terkena penyakit dan jatuh miskin. Kami ingin sampah tidak ada di sungai, sawah dan mencemari laut,” kata Nyoman Tirtawan.

 

Selanjutnya Politisi dari Nasdem ini menjelaskan, Bahwa Pemerintah memiliki Dinas kebersihan/ Dinas lingkungan Hidup dan warga yang membayar retribusi sampah,tapi lingkungan kami jorok. Pemerintah sudah punya UU/ Perda Sampah namun setara macan ompong. Tegakkan aturan,bekerja sesuai tupoksi,maka niscaya kita bisa lebih baik, seru warga yg marah dengan joroknya Bumi Bali.

Politisi Nasdem ini juga menambahkan dan sangat berharap  bagaimana aparatur pemerintah yang memiliki divisi lingkungan di bidang kebersihan betul- betul bekerja karena masyarakat dinilai telah membayar  retribusi kebersihan namun sampahnya tidak dipungut itu dalam bentuk uang investasi,

“Masyarakat telah membayar pajak retribusi sampah melalui desa. Fakta kami lihat dilapangan rata-rata masyarakat membuang sampah kebantaran sungai, pemerintah memiliki undang undang ataupun perda untuk menindak para pelaku yang buang sampah sembarangan atau memiliki petugas lapangan yang memberikan penyuluhan terhadap masyarakatnya apalagi desa diberikan kewenangan untuk mengelola ADD dan APBdes,” jelasnya.

Sementara koordinator kebersihan wilayah Bebetin, Penarukan Ngurah Fajar Kurnia yang juga Kepala Desa terpilih dikonfirmasi mengatakan,” Kami sangat bangga bagian dari anggota Orhiba melihat Komonitas ini  bisa melakukan aksi ini tanpa kami gajih, semoga kedepan masyarakat lain juga mencontoh untuk membuat Buleleng betul-betul bersih dari sampah. (gede)