Beranda Berita Utama Danrem 071/Wijayakusuma Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Alun-Alun Purwokerto

Danrem 071/Wijayakusuma Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Alun-Alun Purwokerto

0

BHARATANEWS.ID | PURWOKERTO – Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kavaleri Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 Tingkat Pemkab Banyumas di Alun-Alun Purwokerto, Banyumas, Minggu (10/11/2019).

Bertindak sebagai irup Bupati Banyumas, Ir. Ahmad Husein. Menteri Sosial RI, Juliari P. Batu Bara dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Inspektur upacara bahwa setiap memperingati Hari Pahlawan, Kita diingatkan kembali kepada peristiwa 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu moment paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan didalam hati sanubari segenab insan warga Negara Indonesia.

Menurutnya, dengan peringatan hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Father kita Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar. Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Dijelaskan Mensos, menjadi Pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat NKRI, seperti menolong sesama yang terkana musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional”, ungkapnya.

Dengan Peringatan Hari Pahlawan, lanjutnya. Kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.
Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi, untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia.

Upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 tingkat Pemkab Banyumas, dihadiri Ketua DPRD Banyumas beserta segenap unsur, Forkopimda Banyumas, prajurit TNI, anggota Polri, SKPD Banyumas, organisasi wanita Banyumas, LVRI, ormas, organisasi pemuda, mahasiswa, pelajar dan masyarakat Banyumas.

Memberikan Komentar anda