Beranda Berita Utama Pastikan Proses Berlangsung Baik, KPU Muna Barat Lakukan Simulasi Pemilu

Pastikan Proses Berlangsung Baik, KPU Muna Barat Lakukan Simulasi Pemilu

0

BHARATANEWS.ID|MUNA BARAT – Dalam rangka mendapatkan gambaran pasti proses tahapan pemilu berlangsung dengan baik sesuai prosedur, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar)  Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan simulasi pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi perolehan suara untuk pemilu 17 April 2019 mendatang di Balai Pertemuan Desa Sido Makmur, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep).

Ketua KPUD Mubar, Awaludin Usa, saat ditemui dilokasi kegiatan mengatakan tujuan digelarnya simulasi tersebut adalah untuk melihat daftar inventaris masalah yang terjadi ketika pungut, hitung dan rekapitulasi suara. Pasalnya, simulasi ini menggambarkan situasi sebenarnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat hari H.

“Kekurangan yang ditemukan pada simulasi ini menjadi bahan penekanan yang akan disampaikan kepada Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saat dilakukan bimbingan tekhnis (Bimtek),” kata Awaludin, Selasa (9/4/2019).

Awaluddin mencontohkan terkait pelayanan terhadap daftar pemilih tambahan (DPTb). Pemilih yang masuk kategori DPTb dilayani pada waktu normal yakni mulai pukul 07 sampai dengan pukul 12.00 Wita.

“Contoh lain penyetoran mandat saksi dari partai politik. Penyetoran mandat saksi dilakukan sebelum proses pemungutan suara dimulai. Bila mandat saksi belum lengkap maka di skorsing 30 menit. Setelah skorsing, pemungutan suara langsung dilaksanakan meski belum semua saksi parpol menyetor mandatnya kepada KPPS,” terang Awaludin.

Menurut Awaludin, hal lain yang menjadi fokus perhatian adalah durasi yang digunakan ketika proses pemungutan suara.

“Dari jumlah 100 peserta simulasi, kira-kira berapa waktu yang dibutuhkan hingga selesai pencoblosan. Sejumlah hal itu diantaranya yang menjadi perhatian kita. Pada intinya seluruh masalah yang kita temukan pada simulasi hari ini akan kita catat untuk bahan penekanan bagi KPPS, PPS dan PPK ketika Bimtek,” tandasnya.

Dirinya berharap dari kegiatan simulasi itu diharapkan jalannya pemungutan suara, Rabu 17 April 2019 mendatang berjalan lancar.

“Pengalaman ketika simulasi menjadi pelajaran berharga supaya kesalahan serupa tak terulang pada hari H,” tandasnya. (Den)

Memberikan Komentar anda