Beranda Berita Utama HUT ke 6 Visions of Peace Initiative Peduli Hari Anak Dunia

HUT ke 6 Visions of Peace Initiative Peduli Hari Anak Dunia

0

BHARATANEWS.ID | KOTA BOGOR – Anak-anak hari ini akan menjadi generasi penerus Bangsa dan Negara dikemudian hari. Sementara ulang tahun dari Visions Of Peace Initiative (VOPI) bertepatan dengan Hari Anak sedunia.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia dan HUT ke-6 Visions of Peace Initiative mengusung tema The Golden Rule: Perlakukan Orang Lain Sebagaimana Kita Ingin Diperlakukan yang bertempat di SMA Pesat Jl. Poras No.07, RT.01/RW.04, Sindang Barang, Loji, Kec. Bogor Barat., Kota Bogor, Jawa Barat (Rabu, 29 November 2023).

Acara ini mengadakan peringatan Hari Anak Internasional bertema Perdamaian dan Budaya

“Kita hidup di masa ketika sebagian besar dunia dilanda kekerasan, diskriminasi, intoleransi, korupsi dan pelecehan. Minggu lalu, pada tanggal 20 November yang juga merupakan ulang tahun saya, Perserikatan Bangsa-Bangsa juga memperingati Hari Anak Internasional. Hari Anak internasional dimaksudkan sebagai hari untuk merayakan kualitas hidup anak sejak adopsi konvensi perserikatan bangsa-bangsa tentang hak anak 34 tahun lalu pada tahun 1989” ucap Founder internasional Visions of Peace Initiative, Princess Cheryl Halpern dalam pidato sambutannya.

Princess Cheryl Halpern mengungkapkan, tahun ini, Hari Anak Internasional adalah merupakan sebuah hari peringatan yang sedih dengan fakta bahwa ada lebih dari 450 juta anak, sekitar 20% dari 2,4 miliar anak dunia tinggal di zona konflik bersenjata di seluruh dunia termasuk Ukraina, Afghanistan, Yaman, Suriah, Myanmar, Haiti, Sudan, Mali, Ethiopia, Columbia, Somalia, Gaza, Israel, Iran dan Republik Kongo.

Princess Cheryl Melanjutkan dalam pidatonya, “Indonesia menyediakan landasan unik untuk meningkatkan kualitas hidup bagi remaja dan seluruh warga negara. Terlepas dari berbagai bentuk pemerintahan yang pernah ada, Indonesia memiliki motto nasional yang telah berlangsung dan bertahan sejak abad ke-14. Bhinneka Tunggal Ika motto yang menyatakan persatuan dengan menghormati keberagaman.

Selain itu, ungkap Princess Cheryl Halpern implementasi visi nasional multi etnis, hidup berdampingan dengan multi budaya merupakan tujuan yang membutuhkan komitmen terus-menerus dari setiap orang Indonesia tanpa memandang usia, etnis atau keadaan pribadi.

Princess Cheryl Halpern juga mengatakan, ini adalah sebuah tantangan yang tidak mudah untuk dicapai dan tidak bisa dianggap remeh. Terutama di Indonesia, dimana terdapat begitu banyak etnis. Dengan afiliasi agama yang beragam, bahasa yang beragam, orientasi sosial dan budaya yang beragam dan platform sosial-ekonomi yang beragam pula.

Princess Cheryl Halpern menambahkan, pemuda Indonesia adalah garda depan masa depan dan melanjutkan komitmen terhadap visi nasional “Bhinneka Tunggal Ika”. Mereka adalah generasi penerus yang membawa standar hidup berdampingan secara damai dan toleransi.”

Dengan mendorong generasi muda untuk mengekspresikan visi mereka untuk masa depan yang damai melalui seni, kata Princess Cheryl Halpern, anda telah membantu mereka mengidentifikasi area keterasingan dan ketidakpercayaan di antara diri mereka sendiri dan telah memupuk sikap keterbukaan dan keterusterangan yang lebih besar dari para peserta.

Atas dasar itu, kata Princess Cheryl Halpern, bersama-sama dengan dukungan dan partisipasi dalam Visions of Peace Initiative, kita semua menganut nilai universal kerukunan antaragama, aturan emas “Lakukan kepada orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan terhadap diri Anda sendiri.

“Saat saya berdiri di sini saya teringat sebuah hadis Al-Qur’an yang saya pelajari ketika saya bertugas di PBB: “Sungguh…Allah tidak akan mengubah kondisi manusia kecuali mereka berusaha untuk mengubah diri sendiri.” Al-Quran 13:11,” jelasnya.

Lebih lanjut Princess Cheryl Halpern,”Saya juga teringat perkataan Presiden Amerika, Abraham Lincoln, yang mengatakan,

“Saya berpendapat bahwa selama manusia masih ada, sudah menjadi kewajibannya untuk tidak hanya memperbaiki kondisinya sendiri namun juga membantu memperbaiki umat manusia. Semoga kita semua berkomitmen untuk terus bekerja sama untuk mewujudkan visi masa depan yang damai menjadi kenyataan,” tutup Princess Cheryl Halpern. (Mar)

Memberikan Komentar anda