Beranda Berita Kwarcab Purbalingga Launching Tabloid Simpul Pramuka Edisi Pertama

Kwarcab Purbalingga Launching Tabloid Simpul Pramuka Edisi Pertama

0

BHARATANEWS.ID | PURBALINGGA – Kini hasil karya tulisan adik maupun kakak anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga memiliki wadah yaitu tabloid yang bernama Simpul Pramuka

Tabloid ini resmi dilaunching peluncurannya oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) gerakan pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga Kak Dyah Hayuning Pratiwi dengan dihadiri tamu undangan lainnya termasuk Dandim 0702/Purbalingga Kak Letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han yang juga bertindak sebagai Ka Mabisaka Wira Kartika Kodim 0702/Purbalingga di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga, (21/1/2021).

Dalam kesempatan ini Kak Tiwi berharap, adanya tabloid Simpul Pramuka dapat meningkatkan literasi dan penangkal berita bohong (hoax) di Kabupaten Purbalingga.

“Adanya Simpul Pramuka diharapkan dapat menjadi wadah media pembelajaran kepada generasi muda penerus bangsa yang nantinya sekaligus juga dapat mewadahi karya-karya tulis serta mampu meningkatkan angka literasi yang dapat berfungsi sebagai penangkal berita hoax, terlebih karena Kwarcab Purbalingga saat ini telah memiliki Scout Journalist (Jurnalis Pramuka) sebanyak 20 orang ditahap awal ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, Kabupaten Purbalingga saat ini sedang gencar membudayakan gerakan literasi kepada generasi muda, adanya tabloid Simpul Pramuka diharapkan akan dapat menambah angka literasi tersebut, oleh karenanya diharapkan agar tabloid ini dapat sustainable, artinya tidak hanya diluncurkan di edisi pertama ini saja namun dapat terus berkelanjutan,” harapnya.

Kak Tiwi juga meminta agar semua pihak khususnya Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam hal ini seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinarpus, dan Kemenag untuk turut membantu dan bersinergi.

“Tentunya kami juga meminta kepada semua pihak khususnya OPD terkait turut membantu agar tabloid Simpul Pramuka dapat terus berkelanjutan mengingat Gerakan Pramuka adalah wadah organisasi kepanduan yang membentuk karakter generasi muda penerus bangsa di bidang non formal pendidikan.

Sementara itu turut dijelaskan oleh Ka Kwarcab Purbalingga Kak Subeno bahwa ide gagasan tabloid ini sebenarnya muncul sejak 2017 lalu, namun baru dapat terealisasi awal 2021 ini. Karenanya ke depan tabloid ini akan terus diupayakan dikelola secara profesional. Pada edisi pertama ini dicetak sebanyak 1000 eksemplar dan kedepannya akan ada kerjasama dengan Kwarda Jateng agar tabloid ini dapat dibaca seluruh anggota Pramuka dari Kwarcab lainnya.

“Oplah edisi pertama ini sebanyak 1000 eksemplar, karena merupakan tabloid Pramuka pertama di Jawa Tengah maka nantinya tabloid ini akan didistribusikan ke seluruh Kwarcab di Jawa Tengah dengan harga Rp 10.000, 00 per eksemplar. Selanjutnya tabloid ini juga telah mengantongi ISSN sehingga secara formal tabloid ini sudah resmi diakui,” jelasnya.

Dandim 0702/Purbalingga yang turut hadir dalam kegiatan launching ini saat dikonfirmasi turut mengapresiasi adanya tabloid Simpul Pramuka

“Sebuah hal positif bagi generasi muda penerus bangsa, harapannya hal ini akan terus berkesinambungan sehingga dapat membuka wawasan generasi muda yang ada dan dapat menjadi media pemersatu bangsa,” tuturnya. (Imam)

Memberikan Komentar anda