Beranda Berita ABK Asal Pemalang Dipulangkan, Setelah Ditahan Akibat Duel dengan ABK Korea

ABK Asal Pemalang Dipulangkan, Setelah Ditahan Akibat Duel dengan ABK Korea

0

BHARATANEWS.ID|PEMALANG – ABK WNI Akbar Buchari (25) asal mulyoharjo Pemalang Jawa tengah, sempat di tahan akibat duel dengan ABK asal Korea Utara Jin Kyong (27). Sehingga mengakibatkan ABK asal Korea Utara meninggal dunia, yang akhirnya Akbar Buchari di tahan dan dijatuhi hukuman penjara selama 5 Tahun.

Namun di jalani selama 4 tahun setelah mendapatkan remisi hingga Minggu (27/9/2020) tiba di Pemalang sudah dibebaskan.

Diketahui dalam keterangannya saat duel Akbar Buchari hanya membela diri. Karena dirinya sudah tercekik dengan tali kapal oleh Kyong , sehingga secara reflek Akbar Buchari mengambil pisau dan menusukan ke perut sebelah kiri, kemudian ABK Korea Utara terjatuh dan cekikan terlepas.

Namun Kyong meskipun tertusuk perutnya masih membabi buta menyerang serta memukul Akbar, khawatir akan keselamatannya (Akbar) untuk kedua kalinya kembali menusukan pisau ke perut Kyong, hingga tumbang tak berkutik lagi.

Akbar Buchari mendapatkan pendampingan KBRI Dakar saat pemeriksaan oleh pihak kepolisian setempat, hingga Minggu (27/9/2020) kemaren Akbar Buchari tiba di Pemalang dari Dakkar.

Faturochman manajemen PT Mutiara Jasa Bahari saat di temui awak media Senin 28/9 mengatakan, bahwa bentuk dari tanggung jawab kami sebagai Ijen PJTKI yang memberangkatkan saudara Akbar Buchari. Kami melalui perwakilan yang ada di KBRI, Alhamdulillah bisa melakukan pembelaan saat sidang,” katanya.

Lanjut Faturochman menuturkan, Karena tuntutan dari keluarga korban untuk di hukum mati namun di putuskan Lima tahun penjara. Sehingga setelah mendapat remisi hanya empat tahun. Kemudian setelah di bebaskan kami menjemputnya dan menerima di kantor kami di saksikan oleh Disnaker Pemalang.

“Dan kami juga mengantarnya serta memberikan hak haknya kepada ABK kami. Dengan harapan, ini bentuk pelayanan kami sebagai kepedulian dan tanggung jawab kepada ABK kami ,dan kami ingin keberadaan kami di ketahui oleh pemerintah,” ungkap Faturahman.

Kepulangan Akbar Buchari di sambut haru oleh pihak keluarga, dan sekaligus pemberian hak Akbar Buchari dari pihak PT Mutiara jasa bahari secara resmi Senin 28/9 di kantornya.(sk)

Memberikan Komentar anda