Beranda Hankam Antispasi Karhutla, Kapolres Majalengka Kembali Berikan Bantuan Torn Dan Rangsel Air

Antispasi Karhutla, Kapolres Majalengka Kembali Berikan Bantuan Torn Dan Rangsel Air

0

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA – Kepolisian Resor (Polres) Majalengka Polda Jawa Barat kembali menggelar sosialisasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kabupaten Majalengka tahun 2020, kali ini berlangsung di Lokasi Objek Wisata Pendakian Berod Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka, Sabtu (18/7/2020).

Dimana kegiatan sosialisasi tersebut Kapolres Majalengka Dr.Bismo Teguh Prakoso didampingi Waka Polres Kompol Sumari, Kasat Sabhara AKP Erik Riskandar, Kasat Binmas Iptu Djunardi, Kapolsek Argapura Iptu Sarjiyo dan dihadiri Camat Argapura Dede Sunarya, Danramil Kapten Arh.Winarno, Kepala BPBD Agus Permana, Aparat Desa Argamukti, Pokdar, TNGC, Linmas dan MPA (Masyarakat Peduli Api).

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Majalengka AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso mengatakan, Saat musim kemarau di wilayah Kabupaten Majalengka khususnya di Kecamatan Argapura, namun pihaknya berharap upaya antisipasi dan penanggulangan karhutla ini tetap harus dilakukan secara bersama.

“Berkaca pada pengalaman karhutla tahun 2019 lalu, untuk Kabupaten Majalengka sendiri, daerah (kecamatan) yang sering terjadi karhutla pada tahun itu dengan kategori tinggi, yakni berada di Kecamatan Rajagaluh, Kecamatan Sindangwangi dan Kecamatan Argapura” kata Kapolres AKBP Dr.Bismo.

“Kemarin Kita turun langsung ke Lokasi Bupper Cidewata Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajagaluh dan hari ini dilokasi Objek Wisata Pendakian Berod Desa Argamukti Kecamatan Argapura menemui warga sebagai Pengelola Objek Wisata Pendakian Berod Desa Argamukti
untuk memberikan sosialisasi karhutla tentang larangan membakar hutan sesuai dengan perundang undangan yang berlaku,” ujar Kapolres.

Hal itu Kapolres Majalengka mengajak warga Majalengka khususnya Warga Kecamatan Argapura ini agar peduli dan bijaksana dalam melihat kondisi musim kemarau. Giat ini kita bersama-sama mencegah karhutla dengan cara tidak melakukan pembakaran pada lahan dan selalu memperhatikan resiko yang terjadi nantinya” kata AKBP Bismo.

Selain sosialisasi, Kapolres Majalengka memberikan bantuan berupa Torn Kapasitas 5000 Liter kepada Pengelola Objek Wisata Pendakian Berod Desa Argamukti Kecamatan Argapura dan 10 Rangsel Air kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, Linmas dan MPA (Masyarakat Peduli Api).

Kapolres Majalengka juga siap menerima laporan pengaduan dari masyarakat apabila ada titik Karhutla yang terjadi di lingkungannya, dikarenakan pihak Polres Majalengka, bersama TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran selalu sigap menangani Karhutla dan siap membantu memadamkan Karhutla” Ujar Kapolres

Setelah melakukan sosialisasi, Kapolres Majalengka langsung melakukan peninjauan pengecekan beberapa lokasi yang berpotensi titik api di sekitaran Lokasi Objek Wisata Pendakian Berod Desa Argamukti yang mana salah satu lokasi tersebut kaki gunung Ciremai. (Ft)

Memberikan Komentar anda