Beranda Wilayah Desa Ciadeg Gelar acara Pembuatan Akta Gratis

Desa Ciadeg Gelar acara Pembuatan Akta Gratis

0

BHARATANEWS | BOGOR – Untuk melengkapi indentitas kependudukan Pemerintahan Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong membuat program pembuatan akta kelahiran gratis.

Program tersebut diajukan melalui UPT Cijeruk dan diteruskan ke Dinas kependudukan Kabupaten Bogor. Program ini bertujuan bahwa anak yang lahir maupun anak yang belum mempunyai akta kelahiran mempunyai bukti kelahiran melalui Akta Kalahiran. Program ini sudah diajukan di bulan febuari Tahun 2020 dan mendapat jadwal bulan April 2020 untuk Akta Masal Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor.

Saat dikonfirmasi Pemerintah Desa Ciadeg melalui Sekertaris Desa (Sekdes) Acep Hidayatna Salta SH oleh awak media Bharatanews mengatakan bahwa program Akta Masal ini sudah lama diajukan kepada Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Bogor, dan baru sekarang ini baru terlaksana. Adapun pengajuan masyarakat pembuatan Akta Kelahiran sekitar 476 berkas dan yang memenuhi persyaratan di perkirakan 282 berkas

Masih kata Acep program ini sudah diajukan sejak bulan Febuari Tahun 2020 yang menurut jadwal bulan april pelaksanaannya. Dengan terjadi wabad Covid 19 maka program ini tertunda dan baru bisa dilaksanakan sekarang . Dan seharusnya pembuatan Akta Kelahiranpun harus di Desa karena sekarang masih dalam situasi wabah Covid pihak UPT maupun disdukcapil tidak bisa hadir.
Pemerintahan Desa memeriksa kelengkapan administrasi dan kalau sudah lengkap baru di serahkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil .

Disinggung masalah biaya pembuatan Akta Kelahiran acep mengatakan bahwa pembuatan Akta ini prinsipnya gratis kalau pun ada biaya hanya sekitar 30.000 (Tiga Puluh Ribu ) Rupiah yang di peruntukan untuk :
1. Denda 10.000 (Sepuluh Ribu Rupiah)
2. Matrai 2 buah
3. Biaya Foto copy dll.
Itulah yang dipungut biaya yang di bebankan kepada masyarakat pembuat akta kelahiran dan selain itu tidak ada lagi beban biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat pembuat akta kelahiran. Kata Acep ( BCR)

Memberikan Komentar anda