Beranda Berita Babinsa Penajam bersama Warga Panen Padi Gunakan Mesin Panen Brigade Handpangan

Babinsa Penajam bersama Warga Panen Padi Gunakan Mesin Panen Brigade Handpangan

0

BHARATANEWS.ID|PENAJAM – Tingkatkan swasembada pangan, dalam hal ini Babinsa Kelurahan Saloloang, Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), melakukan pendampingan panen padi.

Seperti yang dilakukan oleh Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU Serda Arbain,  dengan melaksanakan pendampingan Upsus panen padi jenis empari yang merupakan Kelompok Tani (Poktan) Karya Bersama di wilayah RT 5 Kelurahan Saloloang, Rabu (03/6/2020).

Babinsa Kelurahan Sasoloang Serda Arbain menuturkan, Pendampingan panen padi milik Ardi dengan luas sawah 1 Ha dengan hasil kurang lebih 3 ton dan alat yang di gunakan untuk memanen ialah Mesin panen Brigade Handpangan yang di operasikan oleh Haeruddin beserta dua rekannya.

“Kegiatan pendampingan bagi petani ini bertujuan untuk membantu meningkatkan hasil pertanian dan membantu program pemerintah melalui ketahanan pangan”, kata Arbain.

Lanjutnya Arbain menjelaskan, pendampingan panen padi ini dilakukan sebagai salah satu tugas Babinsa dan sosialisasi ke masyarakat agar para petani tidak melakukan alih fungsi lahan dan tetap mempertahankan menanam untuk menyangga ketahanan pangan serta kebersamaan di sawah kiranya dapat menciptakan rasa kedekatan dan rasa kekeluargaan kami dengan warga setempat.

Sementara itu Danramil 0913-01/Penajam Kapten Inf Imam S di tempat terpisah menambahkan,”Wujud dukungan TNI khususnya prajurit kewilayahan yaitu Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan (Hanpangan), dengan semangat ikut serta terjun langsung ke sawah bantu para petani desa binaannya saat memanen padi, “ujarnya.

Dengan memberikan pendampingan ke warga yang sedang memanen padi, Babinsa sudah melaksanakan tugas kewilayahan yang di perintahkan oleh Komando Atas. Bukan hanya saat panen padi saja tetapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi.

Seperti saat ini yang sedang melaksanakan panen padi, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petaniyang harus selalu berada di tengah-tengah Masyarakat serta sebagai wujud kemanunggalan antara TNI dan Rakyat. (*/Ft)

Memberikan Komentar anda