Beranda Berita Utama Gus Sholah di Mata KH Maman Imanulhaq

Gus Sholah di Mata KH Maman Imanulhaq

0

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA – Indonesia kehilangan salah satu ulama kharismatik, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Gus Sholah wafat di Rumah Sakit Harapan Kita, Tangerang, pada Minggu malam, 2 Februari 2020 sekitar pukul 20.55.

Semasa hidupnya, Gus Sholah dikenal sebagai sosok sederhana yang mengayomi semua golongan. Gus Sholah tidak hanya dikenal sebagai seorang ulama tapi juga pejuang Hak Azasi Manusia (HAM). Hal ini diungkapkan Dewan Syuro PKB, KH Maman Imanulhaq.

“Kita semua sangat kehilangan sosok Gus Sholah yang sederhana dan mengayomi,” tutur KH Maman Imanulhaq, di Majalengka, Senin, 3 Februari 2020. Kang Maman, sapaan akrab KH Maman Imanulhaq, mengatakan, pernah sekali ia bertemu Gus Sholah di Bandara Juanda Surabaya. Saat itu Gus Sholah tanpa pengawalan menyalami dan mau diajak ngobrol dengan semua kalangan.

“Saya sering ketemu kalau di Surabaya beliau naik pesawat Citilink tanpa pengawalan dengan ramah menyelami dan menerima ngobrol dengan banyak kalangan,” kata anggota Komisi VIII DPR RI ini.

Menurut Kang Maman, setiap kali bertemu Gus Sholah selalu memberikan nasihat kepadanya agar terus istiqomah memperjuangkan kepentingan umat. “Betul-betul kita kehilangan sosok panutan yang punya prinsip yang lurus bagaimana bangsa ini berjalan lebih baik,” imbuh Maman.

Kang Maman yang juga pengasuh Ponpes Al-Mizan, Jatiwangi, Majalengka inj pun bercerita, semasa hidup, Gus Sholah yang merupakan lulusan arsitektur ITB itu, pernah suatu waktu berdiskusi dengannya tentang manajemen pondok pesantren yang baik.

“Menurut beliau (Gus Sholah) Pondok pesantren itu harus rapi, harus bersih, nyaman. Sekali lagi kami dan seluruh bangsa ini sangat kehilangan seseorang Gus Sholah,” ujar Kang Maman

Diberitahukan sebelumnya, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) meninggal dunia di rumah sakit Harapan Kita Tangerang Banten pada Minggu malam 2 Februari 2020 sekitar pukul 20.55.

Sebelum di terbangkan ke Jombang untuk dimakamkan di kompleks Ponpes Tebuireng, Jenazah Gus Sholah disemayamkan di rumah duka di Jalan Tendean nomor 2, Jakarta Selatan. Rencananya almarhum Gus Sholah akan dimakamkan pukul 16.00 WIB.  (**/Fito)

Memberikan Komentar anda