Beranda Berita Utama Peduli Lingkungan, Desa Kalijati Barat Gotong Royong Perbaiki Jalan

Peduli Lingkungan, Desa Kalijati Barat Gotong Royong Perbaiki Jalan

0

BHARATANEWS.ID|SUBANG – Warga Kampung Sadayu Timur, Gang Asem Rt 21/07, Desa Kalijati Barat, Kecamatan Kalijati, Subang, bergotong-royong perbaiki jalan. Kegiatan gotong-royong memperbaiki jalan tersebut merupakan wujud kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Minggu (5/01/2020).

Ketua Rw 07 Dede Suparta mengatakan, warga Kampung Sadayu sangat peduli terhadap lingkungan, setiap ada program pembangunan masyarakat selalu turut berpartisipasi.

“Alhamdulilah dengan adanya partisipasi dan gotong-royong masyarakat, setiap program dapat terselesaikan dalam waktu yang singkat,” katanya kepada Bharatanews, Minggu (5/01/2020).

Dede Menjelaskan, jika tradisi kegiatan gotong royong di masyarakat Kampung Sadayu sampai saat ini masih berjalan dengan baik.

“Adapun panjang perbaikan jalan tersebut yakni 60 meter dan lebar 2 meter, dan alhamdulilah kegiatan pembangunan jalan ini di biayai oleh warga melalui swadaya masyarakat dan di tambah oleh donatur bapak Anton pemilik CV Biro Copy Laser Jet,”ucap nya

Ditempat yang sama, Kepala Dusun (Kadus) 03 Rahman mengatakan, bentuk partisipasi masyarakat meliputi tiga hal. Yaitu bisa melalui partisipasi dalam bentuk uang atau barang, dalam bentuk tenaga, maupun melaui gagasan.

“Sehingga bentuk partisipasi bukan terorientasi pada uang atau barang saja. Akan tetapi ide maupun gagasan dan tenaga juga bisa,” katanya.

Menurut Rahman, partisipasi dan swadaya gotong-royong masyarakat merupakan titik penentu dalam melaksanakan program pembangunan. Sehingga, sampai kapanpun gotong-royong masyarakat harus tetap dilaksanakan.

“Terlepas program pembangunan yang didanai pemerintah, antusias warga untuk turut serta dalam pelaksanaan pembangunan masih sangat tinggi,” katanya.

Sementara itu, Anton salah satu donatur menjelaskan, jika dirinya sebagai warga pribumi sudah sewajarnya ikut membantu dalam kegiatan pembangunan jalan tersebut.

“Kalau bukan kita siapa lagi, ini kan pembangunan jalan untuk kepentingan masyarakat banyak jadi saya juga ingin berbagi untuk masyarakat,”kata Anton

Ia berharap setelah jalan ini selesai agar warga bisa menjaga dan merawat jalan tersebut. (Sandi)

Memberikan Komentar anda