Beranda Berita Utama Pemkab Buleleng Menggelar Acara Pesta Durian PAS Akhir Tahun

Pemkab Buleleng Menggelar Acara Pesta Durian PAS Akhir Tahun

0

BHARATANEWS.ID|BULELENG _ Perhatian Pemkab Buleleng terhadap keberadaan buah lokal semakin tinggi. Terbukti dengan gelaran Pesta Durian PAS Akhir Tahun yang digagas Bupati Putu Agus Suradnyana untuk pertama kalinya dalam rangka mengangkat pamor buah Durian lokal.

Melalui tag line “Teka Ngaba Duren Mulih Ngaba Motor” Bupati PAS memotivasi petani untuk terus mengembangkan varietas Durian lokal yang memiliki kualitas nomor satu.

Kontes buah durian lokal unggulan di Buleleng diikuti 180 peserta dari berbagai wilayah yang digelar di Halaman Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa (31/12/2019) pagi.

Dalam sambutannya Bupati PAS berharap pesta durian perdana digelarnya semacam menjadi sayembara untuk menemukan varietas durian lokal dengan genetik asli sehingga kedepannya bisa dijadikan pilot project untuk dikembangkan ribuan pohon durian di wilayah Buleleng.

“Nanti pemenang wajib menunjukkan pohonnya. Nanti dari pohon itu kita kembangkan menjadi ribuan bibit yang terus dikembangkan dan ditanam. Sehingga Buleleng memiliki icon khas durian yang bisa dikenal,” ungkap Putu Agus Suradanyana.

Dengan keberadaan buah durian terbaik, Bupati Agus Suradnyana optimis kabupaten Buleleng mampu dikenal sebagai sentra penghasil durian lokal berkualitas. Eksistensi itu juga berdampak terhadap nilai jual buah tersebut sehingga mampu menggerakkan sektor perekonomian melalui pertantian.

Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna saat menghadiri acara Pesta Durian

Sebelumnya dalam sambutan Ketua Panitia Ir. I Made Sumiartha menjelaskan tujuan pelaksanaan kontes durian ini tiada lain sebagai implementasi Perda Provinsi Bali nomor 3 tahun 2013 tentang perlindungan buah lokal, Pergub Bali nomor 99 Tahun 2018 tentang pemasaran-pemanfaatan produk pertanian, perikanan dan industri lokal Bali

Pesta Durian PAS Akhir Tahun mendapat apresiasi positif dari ratusan masyarakat umum. seluruh masyarakat yang hadir langsung juga diberi kesempatan untuk mencicipi manis dan legitnya buah durian lokal Buleleng. Made Sumiartha berharap agar kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin tahunan, sehingga dapat menjadi ajang bergengsi yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. (Gs)

Memberikan Komentar anda