Beranda Berita Utama Petani Karet di Lebak Keluhkan Harga Jual Karet yang Rendah

Petani Karet di Lebak Keluhkan Harga Jual Karet yang Rendah

0

BHARATANEWS.ID|LEBAK โ€“ Sebagian petani karet yg berada di Kabupaten Lebak mengeluhkan nilai harga jual getah karet. Pasalnya, harga getah karet saat ini dibawah harga rata-rata.

Menurut Jamaludin, warga asal Kampung Buyut, Desa Kujangsari, Kecamatan Cileles, Lebak, menerangkan, Nilai harga jual getah karet di daerah Lebak saat ini lebih rendah.

” Untuk harga pasaran saat ini nilai jual getah karet dalam perkilo sekitar Rp 6500 per/Kg, dibanding harga sebelumnya berkisar Rp 7500 per/kg dan itu cukup lumayan bagi para petani karet,”ucap Jamaludin.

Menurut dia, sejak beberapa bulan terakhir nilai jual getah karet ke pihak pengepul mengalami penurunan harga Rp 1000 per Kg, sehingga membuat sejumlah petani mengeluh karena penghasilan yang diperoleh dari menyadap tidak mencukupi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami hanya bisa pasrah dan berharap pemerintah dapat menaikan harga karet,” katanya

Sementara itu, Eki pengepul getah karet mengatakan, turunnya harga getah karet ini sudah terjadi sebulan terakhir ini.

“Dampak dari turunnya harga getah karet ini sangat terasa. Bila harga getah karet mahal banyak petani yang menjual getah karet nya, biasa terkumpul dari petani 5 ton getah karet, tapi semenjak getah karet kembali anjlok paling banyak 3 ton. Turunnya penjualan getah karet ini akibat dari harga yang mulai anjlok ditambah kondisi kemarau sehingga getah tidak keluar,” bebernya

Eki pun berharap kepada pemerintah Pusat yg berada di Jakarta, agar bisa menstabilkan nilai harga jual getah karet dengan sebandingnya kebutuhan bahan sembako.

“Kalau harga getah karet stabil otomatis para petani pun sejahtera,”pungkasnya. (/*sandi)

Memberikan Komentar anda