Beranda Berita Utama Bambang Brodjonegoro Resmi Dilantik Menjadi Menteri Riset Dan Teknologi (Menristek) Periode 2019...

Bambang Brodjonegoro Resmi Dilantik Menjadi Menteri Riset Dan Teknologi (Menristek) Periode 2019 – 2024

0

BHARATANEWS.ID|JAKARTA _ Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro resmi dilantik menjadi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sejak 23 Oktober 2019, Periode 2019 – 2024 menggantikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Periode 2014 – 2019, Mohamad Nasir.

Dalam arahan pertamanya, Bambang mengungkapkan bahwa Kemenristek akan melaksanakan dua agenda penting, yaitu mensinergikan beberapa program Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta mendirikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sesuai amanat Undang-undang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek).

“Selama ini kegiatan penelitian pengembangan pengkajian dan penerapan (litbangjirap) di setiap lembaga, tidak hanya LPNK dalam koordinasi Kemenristek, tetapi juga aktivitas litbangjirap dalam koordinasi Kementerian/ Lembaga lainnya, mempunyai kecenderungan melakukan kegiatan sendiri – sendiri. Ini akan membuat anggaran penelitian menjadi tidak efektif,” ungkap Menteri Bambang di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta (23/10).

Dalam program 100 hari Kemenristek/BRIN, Menteri Bambang Brodjonegoro mengungkapkan akan memfokuskan diri pada program, struktur dan imlementasi BRIN, serta mensinergikan program-program pendidikan tinggi dengan Kemendikbud.

“Nanti saya harus bertemu Pak Nadiem (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), bicara bagaimana transisi yang terbaik, karena saya juga tidak mau waktu terbuang percuma dengan kesibukan urusan administratif birokrasi. Saya ingin semua orang bekerja keras untuk menyelesaikan secara bersama-sama,” ujarnya. (**/ft)

Memberikan Komentar anda