Beranda Berita Utama 500 Mahasiswa La Tansa Mashiro Mengikuti Kuliah Umum Bersama Dr Syekh Muhammad...

500 Mahasiswa La Tansa Mashiro Mengikuti Kuliah Umum Bersama Dr Syekh Muhammad Rajab Dieb

467
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|LEBAK –  Sebanyak 500 mahasiswa La Tansa Mashiro mengikuti stadium generale (kuliah umum) pendidikan Islam dan tasawuf bersama Dr Syekh Muhammad Rajab Dieb, salah satu ulama kharismatik Negara Suriah. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung.

“Kegiatan  ini (kuliah umum-red) salah satu syarat wajib yang diikuti oleh mahasiswa semester VII. Bahwa pada semester tujuh Itu harus ada namanya seminar atau stadium general,”kata Ketua Panitia Stadium Generale Mumu Zaenal Mutaqin, Senin (9/12/2019).

Mumu menjelaskan, stadium general tahun ini, mendatangkan narasumber seorang ulama besar asal negara Suriah, yaitu Dr Syekh Muhammad Rajab Dieb. Merupakan salah satu ulama kharismatik, murabi besar dan pimpinan mufti negeri Syam atau Suriah.

“Adapun kajian tentang tasawuf, itu bagaimaan dalam pendidikan islam ada unsur-unsur tasawuf dalam pendidikan itu. Sehingga seorang pendidik atau calon pendidik bisa mengimplementasikan tasawuf dalam pendidikan itu,”katanya.

Jumlah peserta seminar diperkirakan dihadiri 500 mahasiswa La Tansa Mashiro. Terdiri dari mahasiswa STAI, PAI, STIE, dan Akbid.

“Harapannya supaya nilai tasawuf itu bisa hadir bisa mewarnai dirinya masing-masing ketika menjadi seorang pendidik itu akan lahir kebijaksanaan. Lalu apabila menjadi ekonom akan menjadi ekonom baik, dan ketika menjadi calon bidan akan menjadi bidan baik,”katanya.

Lebih lanjut Mumu mengatakan, kegiatan seminar rutin setiap tahunnya. Diwajibkan bagi semester tujuh.

“Ini wajib karena sertifikat hasil seminar menjadi syarat wajib dilampirkan dalam pengajuan skripsi. Jadi ini hanya wajib untuk semester 7,”katanya.

Koordinator Perguruan Tinggi La Tansa Mashiro KH Soleh  mengungkapkan,  Dr Syekh Muhammad Rajab Dieb sudah melakukan kunjungan keberapa daerah di Indonesia.

“Ini kunjungan pertama ke Banten. Beliau luar biasa ahli dan kita bersyukur tidak ada sesuatu kebetulan ini adalah kebajikan di dunia dan akhirat, mereka mendokan semoga menjadi orang-orang sukses,”katanya.

Dr Syekh Muhammad Rajab Dieb menuturkan, tasawuf itu sebenarnya akhlak Rosulullah SAW.

“Kalau mau kita lihat tasawuf adalah figur secara murni beliaulah. Agama hakikatnya dalam tasawuf adalah akhlak Nabi Muhammad SAW,”katanya.

Lebih lanjut, Syekh Dieb mengatakan, salah satu indikasi orang sudah merasakan kedekatan akhlak dalam dirinya selalu merasa dilihat Allah. Kemudian dekat dan rasa takut dari Allah.

“Kita selalu menghindari dan jauh dari perbuatan dosa maka menjadi satu bukti, satu hal prespektif tasawuf akan indah di mata Allah SWT.  Oleh karena itu sifat karesteristik orang mncapai tadawuf dia selalu ingat kepada allah baik, dalam keadaan berbaring, tidur, ia selalu ingat dan cinta kepada Allah SWT,”katanya. (sandi)