Beranda Berita Utama Prodi Komunikasi UIN Bandung Raih Peringat A Akreditasi BAN-PT

Prodi Komunikasi UIN Bandung Raih Peringat A Akreditasi BAN-PT

0
BHARATANEWS.ID|PURWAKARTA – Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, akhirnya mendapat akreditasi peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penetapan tersebut dikeluarkan BAN-PT, Selasa, (23 Juli 2019).
Menurut Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komuikasi UIN Bandung, Dr.H Darajat Wibawa,M.Si,, perolehan peringkat akreditasi tersebut tidaklah mudah karena diperlukan persiapan yang sangat matang dan paripurna dalam memaknai, mendefinisikan, menganalisis dan mengisi setiap standar yang tertera dalam borang.
“Aktivitas persiapan akreditas PS Ilmu Komunikasi sudah dilakukan sejak satu tahun lebih sebab pengerjaan setiap standar dalam borang yang sudah ditentukan oleh BAN-PT itu tidak, bisa dilakukan secara instan melainkan perlu keseriuasan dan keterlibatan semua pihak.
 “Pengerjaan borang tidak bisa dilakukan secara singkat, karena memerlukan keterlibatan program studi, fakultas dan universitas, sebab ketiganya memiliki keterkaitan secara khusus, terutama dalam masalah data, aturan dan ketentuan yang saling berkiat, “ ujar Darajat.
Sementara itu menurut Guru Besar Ilmu Komunikasi UIN Bandung, Prof. Dr. Asep Saeful Muhtadi, M.Si, perolehan akreditasi peringkat A tersebut mengisyaratkan mutu akademik yang dibangun  PS Ilmu Komunukasi sangat tepat dan membanggakan.
“Akreditasi Peringkat A bagi PS Ilmu Komunikasi dengan sendirinya akan menambah kepercayaan masyarakat terhadap proses pendidikan di PS Ilmu Komunikasi UIN SGD Bandung”, ujar Asep.
Asep, menambahkan, diraihnya akreditasi peringkat A oleh PS Ilmu Komunikasi bisa menjadi beban tersendiri bagi pengelola PS Ilmu Komunikasi sebab ada kewajiban untuk mempertahakan peringkat tersebut dikemudian hari, tepatnya 4 tahun berikutnya. Untuk itu jangan sampai terlena, bahkan harus tetap bekerja keras dan cerdas sehingga bisa mempertahankan peringkat tersebut dikemudian hari.
Di tempat terpisah, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), UIN Bandung, Dr. H. Dindin Jamaluddin, M.Ag, kepada wartawan  mengatakan,  proses akreditasi adalah sebuah kinerja panjang yang perlu maksimal dan mencakup segala aspek yang secara komprehensif dan perlu berjalan dengan baik.
“Salah satu prinsif penjaminan mutu adalah continuous improvement. Jadi setelah mendapatkan akreditasi A, bukan berarti diam dan berleha-leha, tapi menyiapkan peningkatan standar untuk mencapai pelayanan yang maksimal, “ papar Dindin.
Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr.H, Ahmad Sarbini,  diperolehnya akreditasi peringkat A oleh PS Ilmu Komunikasi menunjukkan sistem akademik di PS Ilmu Komunikasi berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana dan target.
“PS Ilmu Komunikasi ini sudah berdiri sejak tahun 1998, dan baru tahun ini mendapatkan akreditasi peringkat A dari BAN-PT, dengan demikian kini lima PS yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini semuanya sudah terakreditasi peringkat A,” papar Sarbini.
Kelima PS yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung tersebut adalah  PS Bimbingan Konseling Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Islam, Komunikasi Penyiaran Islam, dan PS Ilmu Komunikasi. (mas)

Memberikan Komentar anda