Beranda Berita Utama Majelis Al – Inayah Ziarah Kubro 1001 Motor Ke Gunung Pancar

Majelis Al – Inayah Ziarah Kubro 1001 Motor Ke Gunung Pancar

0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Mendekati bulan Suci Ramadhan, Ziarah Kubur menjadi tradisi rutin tersendiri bagi Majelis Al- Inayah, Cimahpar, Kota Bogor sebagai salah satu simbol penghormatan kepada ulama di Indonesia.

Perkiraan lebih sebanyak 1001 motor beriringan dari Kota Bogor mengikuti Ziarah Kubro dengan destinasi Gunung Pancar Kabupaten Bogor. Kegiatan tersebut terlaksana pada hari Minggu 19 Maret 2023.

Tradisi ini tidak hanya diikuti warga Kota Bogor saja, warga dari berbagai daerah sekitarnya pun ikut seperti Depok, Jakarta, Banten dan daerah lainnya.

Saat perjalanan dari titik kumpul Tanah Baru, Kota Bogor. Sejumlah jalan di sekitar acara terhenti sementara di jalan-jalan utama sekitar perjalanan pawai 1001 motor dengan bantuan Ormas Islam dan polisi patwal.

Meski ditutup beberapa saat, masyarakat sudah terbiasa karena terjadi setiap tahun menjelang Ramadhan dan turut serta mendukung tetap kondusif saat adanya perjalanan pawai tersebut.

Adapun mula rangkaian Ziarah Kubro sebelum destinasi di Gunung Pancar mulanya ziarah ke Makam Mama Ashogiri lalu berlanjut ke makam Balung Tunggal, R, Panji dan Rangga Wulung di puncak tengah Gunung Pancar.

Setelah itu, pada puncak acara ribuan massa tersebut menziarahi Maqom atau Patilasan Eyang H. Putih, Nyi Mas Bungsu, Ki Mas Manggala

Sementara itu, Pimpinan Majelis Al-Inayah, R. H. Inayatullah menuturkan dengan mendoakan para Alim Ulama-Ulamanya Allah disaat hidupnya telah mengamalkan ilmunya dengan baik. Ziarah Kubro ini semata-mata menjalankan Ibadah serta sunnah agar mendapatkan Rahmat dari Sang Maha Esa.

“Alhamdulilah kita sudah menjalankan ibadah berziarah kepada maqom para Wali-Walinya Allah SWT. Tiada lain adalah kita mengambil berkah kepada beliau-beliau, ya mudah-mudahan kita semuanya yang sudah berjibaku menjalankan ibadahnya, sunnah dan ziarah ini mudah-mudahan menjadi Allah Menurunkan Rahmat kepada kita semua.’ Tuturnya yang biasa disapa Mama Haji Dado.

Tak luput, Mama Haji Dado mendoakan negara Indonesia agar terhindar dari bencana, kaum-kaum dzalim, kafir, munafik, musyrik, fasik serta negara dapat terhindar dan aman dari kaum-kaum Wahabi, Siah, PKI dan semacam lainnya.

Hadits Shohih Tetang Ziarah Kubur

Perlu kita ketahui bagi umat muslim Ahlussunnah wa al-Jama’ah (Aswaja) , terdapat beberapa hadits Shohih dan pendapat dari Ulama yang jelas-jelas menerangkan Sunnah dalam berziarah diantaranya.

Hadist riwayat Imam Ibnu Majah :

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฒููˆุฑููˆุง ุงู„ู’ู‚ูุจููˆุฑูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุชูุฐูŽูƒู‘ูุฑููƒูู…ู’ ุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉูŽ

Qola Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam : “Zurul quburo, fa innaha tudzakkirukum al-akhirota”

Artinya : Rosululloh bersabda “berziarah kubur lah kalian, karenanya itu dapat mengingatkan kalian akan akhirat”

ุนู† ุงุจู’ู† ุฃูŽุจููŠ ู…ูู„ูŽูŠู’ูƒูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฑูŽุฎู‘ูŽุตูŽ ูููŠ ุฒููŠูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุจููˆุฑู

An ibni abi mulaikata, ‘an ‘aisyata, anna Rosulalloh Shollallohu ‘Alaihi Wa Sallam rokh-khowho fi ziyarotil qobur

Artinya : Dari ibnu abi mulaikata, dari ‘Aisyah, bahwa sesungguhnya Rosululloh memberikan keringanan dalam berziarah kubur

ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆุฏู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูƒูู†ู’ุชู ู†ูŽู‡ูŽูŠู’ุชููƒูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุฒููŠูŽุงุฑูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูุจููˆุฑู ููŽุฒููˆุฑููˆู‡ูŽุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุชูุฒูŽู‡ู‘ูุฏู ูููŠ ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุชูุฐูŽูƒู‘ูุฑู ุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉูŽ

An ibni mas’ud, anna rosulallohi shollallohu ‘alaihi wasallam qola : kuntu nahaitukum ‘an ziyarotil qubur, fazuruha, fa innaha tuzahhieu fiddunia wa tudzakkiru al-akhirota

Artinya : dari ibnu mas’ud, sesungguhnya Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda “aku pernah melarang kalian berziarah kubur, maka berziarahlah!, karenanya itu akan menjadikan zuhud di dunia dan mengingatkan akan akhirat.

Diantara komentar para ulama yang berkaitan ziarah kubur :

ุงุฐุง ุชุญูŠุฑุชู… ูู‰ ุงู„ุงู…ูˆุฑ ูุงุณุชุนูŠู†ูˆุง ุจุฃู‡ู„ ุงู„ู‚ุจูˆุฑ

Idza tahayyartum fil ‘umuur, fasta’iinu bi ahlil qubuur

Artinya : jika kalian bingung dalam permasalahan-permasalahan, maka carilah pertolongan Alloh dengan berziarah kubur. (Red)

 

 

 

Memberikan Komentar anda