Beranda Ragam Anak Main Lato-Lato, Peran Ortu Penting Loh

Anak Main Lato-Lato, Peran Ortu Penting Loh

0

BHARATANEWE.ID | RAGAM – Akhir-akhir ini fenomena permainan lato-lato jadi perhatian khusus bagi pemerhati Anak/Child Expert menghimbau pentingnya pendampingan orang tua demi keselamatan anak, Selasa (10/1/2022).

Mantan KPAI ( Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia ), Retno Listyarti mengatakan bahwasannya batas usia anak bermain lato-lato minimal berusia 8 tahun.

“Karena anak usia 8 tahun ke atas telah memiliki kemampuan kognitif untuk menangkap rules (aturan) saat bermain lato-lato. Baik dilakukan secara sendiri maupun bersama temannya,” kata Retno.

Ia juga mendorong para orang tua memiliki aturan bermain lato-lato agar anak tidak kelelahan fisiknya. Terutama pada bagian tangan dan kaki.

Dan mengimbau para orang tua agar lebih terliti lagi untuk lato-lato yang dimainkan anak itu berbahan aman dan tidak mudah pecah, agar anak-anak terhindar dari serpihan lato-lato ketika pecah.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan para orang tua harus bisa memastikan tali dari lato-lato tidak mudah putus yang bisa saja berpotensi mengenai manusia lain disekitar anak yang bermain kato-kato.

Memberikan Komentar anda