Beranda Bogor Hut Ke- 69 IKAHI Pengadilan Bogor Peduli Hukum Bagi Penyandang Disabilitas

Hut Ke- 69 IKAHI Pengadilan Bogor Peduli Hukum Bagi Penyandang Disabilitas

0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Menginjak di usia yang terbilang cukup matang untuk sebuah organisasi profesi di Indonesia, Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Pengadilan Bogor Merayakan hari jadinya yang ke-69 tahun bersama dengan para penyandang disabilitas dengan menggelar serangkaian kegiatan dengan tema Sinergi IKAHI Mendukung Akselerasi Terwujudnya Peradilan Modern di Sekertariat Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Jl. Kedondong Raya No.5, RT.02/RW.05, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu, (16/03/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruangan Sekretariat (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) PPDI, turut dihadiri oleh para tokoh Pengadilan Negeri diantarnya Ketua, Wakil dan para Hakim serta turut hadir pula delegasi Pengadilan Agama, serta Kepala Dinas Sosial Kota Bogor.

Acara Hut IKAHI ke- 69 yang diinisiasi oleh para penegak hukum tersebut berupaya untuk meningkatkan citra baik Pengadilan Negeri Bogor bagi penyandang disabilitas, hal itu tertuang dalam serangkaian acara HUT IKAHI dengan melaksanakan penyuluhan hukum bagi penyandang Disabilitas dan diikuti dengan kegiatan olahraga, syukuran serta donor darah.

Disela-sela acara, terdapat hal menarik saat sesi tanya-jawab dalam penyuluhan hukum kepada penyandang disabilitas, salah satunya adalah Yudi, penyandang disabilitas tuna netra mempertanyakan bentuk jenis perlindungan yang akan diberikan kepada para penyandang disabilitas nantinya.

Sontak, Ketua IKAHI pengadilan Bogor, Hendra Halomoan, SH, MH., memaparkan bahwa nantinya para penyandang disabilitas akan disediakan pendampingan selama di pengadilan dan mendapatkan pelayanan prioritas.

” Dalam konteks luas mungkin perlu banyak dari lembaga-lembaga lainnya juga. Pengadilan Negeri sejak pimpinan Ketua yang sekarang betul-betul konsen atau perhatian yang penuh, sekarang menyediakan pendamping selama di Pengadilan, mendapatkan pelayanan prioritas” paparnya.

HUT IKAHI Ke-69 Pengadilan Bogor Menunjukan Era Baru Ramah Disabilitas Dalam Pengadilan

Senada demikian, Sekretaris IKAHI Pengadilan Negeri Bogor, Melia Nur Pratiwi, SH, MH., mengungkapkan komitmen Pengadilan dalam menciptakan citra baik dan ramah bagi penyandang disabilitas di Pengadilan Negeri Bogor.

“Komitmen Pengadilan Bogor yang baru itu adalah yang inklusif dan juga modern, inklusif artinya ramah bagi penyandang disabilitas terutama, salah satu rangkaian bakti sosial ke temen-temen PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia) Dewan Pimpinan Cabang Kota Bogor”. Ungkapnya.

Lanjut kata dia, nantinya Pengadilan Negeri Bogor akan launching mobil jemput-antar gratis untuk penyandang disabilitas yang akan beracara di Pengadilan Negeri Bogor. (Red)

Memberikan Komentar anda