Beranda Berita Utama Jelang Peringatan Sumpah Pemuda, KNC Muna Barat Bersih-bersih Pantai

Jelang Peringatan Sumpah Pemuda, KNC Muna Barat Bersih-bersih Pantai

0

BHARATANEWS.ID|MUNA BARAT – Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, menjadi momentum bagi organisasi atau kelompok pemuda, khususnya komunitas roda dua Kawasaki Ninja Club (KNC) Muna Barat di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara.

Menjelang hari Sumpah Pemuda ini, mereka melakukan aksi bersih pantai dari sampah plastik dan kayu yang menumpuk di pantai Pajala, kecamatan Maginti.

Sampah plastik dari limbah rumah tangga dan pengunjung pantai dikumpulkan dalam kantong plastik untuk dibawa ke tempat sampah.

Divisi humas KNC Muna Barat, Hasdin mengatakan, berkaitan dengan hari sumpah pemuda, hal ini menjadi pembelajaran bagi masyarakat dan generasi muda bahwa mereka mempunyai kepedulian yang cukup tinggi terhadap lingkungan, dalam hal ini menjadi ajang sosialisasi kepada warga tentang pentingnya menjaga pesisir pantai dari sampah terutama sampah plastik yang dapat mengganggu kesehatan dan pemandangan.

“Kami melakukan aksi ini mengingat tumpukan sampah plastik dari hari ke hari semakin sulit untuk dikendalikan sehingga kami memulai untuk melakukan pengendalian sampah anorganik khususnya sampah plastik terutama di area destinasi wisata pantai pajala,” katanya, Minggu (27/10/2019) pagi.

Kata Hasdin, tumpukan sampah di sepanjang pesisir pantai Pajala membutuhkan perhatian dari segenap pihak, sehingga dibutuhkan aksi nyata dalam melakukan perbaikan lingkungan pesisir pantai.

“Dengan aksi-aksi seperti ini merupakan ajang edukasi terhadap masyarakat untuk bisa peduli untuk membebaskan sampah-sampah plastik dari perairan. Kita tahu bahwa sampah ini selain mencemari laut juga akan merusak ekosistem disekitarnya,” ucapnya.

Aksi bersih pantai, menurutnya, akan terus dilakukan ke depan dengan melakukan aksi lanjutan, seperti penanaman bakau dan pembebasan perairan pantai dari tumpukan sampah.

“Aksi selanjutnya akan kami tindaklanjuti dengan menanam mangrove di beberapa titik di pesisir pantai Muna Barat, di mana mangrove ini memiliki banyak fungsi dan manfaat,” tutup Hasdin. (Den)

Memberikan Komentar anda