Beranda Berita TPK Ciburuy Melampaui Kewenangan: pembangunan Jaling Menuai Masalah

TPK Ciburuy Melampaui Kewenangan: pembangunan Jaling Menuai Masalah

0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Pembangunan jalan lingkungan dengan menggunakan Hotmix yang berlokasi di Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor menuai masalah dikarenakan pelaksanaan tersebut tidak adanya koordinasi dengan Kasi Ekbang Desa Ciburuy. Pelaksanaan pembangunan di laksanakan sepihak oleh pihak Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang mengakibatkan pelaksanaan di hentikan sementara sambil menunggu mediasi antara TPK dengan Ekbang Desa Ciburuy. (12/11/21)

Mediasi di laksanakan kediaman Dede Surachman yang biasa di sapa Ong Cui dan juga sebagai Kasi ekbang Desa Ciburuy serta di saksikan oleh Kepala Desa Ciburuy Suherman SE dan para awak media.

Dalam mediasi Ong Cui mengatakan dalam pelaksanaan pembangunan jalan lingkungan Ekbang tidak di libatkan sedikitpun oleh pihak TPK. Dan TPK berjalan sendiri dengan bekal Surat Keputusan ( SK) Kepala Desa.

Masih kata Ong Cui ” Seharus TPK berkoordinasi dengan Pemerintah Desa dalam hal ini adalah Ekbang . Ekbang merupakan perencanaan pembangunan yang ada di wilayah Desa. Dan segala sesuatu yang terjadi ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Desa. Apalagi menyangkut pekerjaan yang melibatkan pihak ketiga, TPK tidak bisa memutuskan dengan sendiri dan harus melalui musyawarah Pemerintah Desa . Tegas Ong Cui.

Ketua TPK Desa Ciburuy Budi dalam mediasi menyampaikan, bahwa pelaksanaan pembangunan jalan lingkungan dengan Sumber Anggaran Dana Desa Tahap ke Tiga sebesar 180 Juta dengan Volume 1500 meter terdiri 1200 meter RW 1, 2, 10 dan 300 meter RW 6 . Pelaksanaan pekerjaan dilaksanakan oleh pihak ketiga dan bukan swakelola.

Selanjutnya Budi mengakui bahwa terjadi mis komunikasi dengan Pemerintahan Desa dalam hal ini Kasi Ekbang sebagai perencanaan pembangunana di wilayah Desa .
Mis komunikasi tersebut tidak ada pemberitahuan terkait masalah pembangunan jalan lingkungan.

Terkait menentukan pihak ketiga dalam pelaksanaan pembangunan jalan lingkungan, Budi menerima masukan dari tokoh dan anggota TPK tampa melalui musyawarah dengan pihak Pemerintah Desa dalam hal ini Ekbang sebagai perencanaan pembangunan.

Dan kedepan TPK akan lebih mengedepankan lagi musyawarah dalam memutuskan permasalahan – permasalahan pembangunan di Desa Ciburuy. Ungkap Budi Ketua TPK

Di Tempat yang sama Suherman SE. Selaku Kepala Desa Ciburuy menyampaikan, bahwa Pemerintah Desa sudah berjalan dalam koridornya. Dan pelaksanaan kegiatan sudah di serahkan kepada TPK untuk melaksanakan kegiatan pembangunan termasuk anggaran pembangunannya. 12/11/21. (Bcr)

Memberikan Komentar anda