Beranda Berita Jelang HUT Batang, Bupati Beserta Wakilnya Ziarah ke Kendal

Jelang HUT Batang, Bupati Beserta Wakilnya Ziarah ke Kendal

0

BHARATANEWS.ID|BATANG – Bupati Wihaji bersama Wakil Bupati Suyono sempatkan ziarah di makam Kanjeng Pangeran Adipati ( KPA ) Mandurorejo di Dukuh Protowetan Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, Kamis (1/4/2021). 

Makam tersebut merupakan Bupati Batang pertama Ki Mandurorejo. Tampak terlihat khusuk  Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Suyono dalam memanjatkan doa para leluhur yang telah membangun Batang. 

Acara ziarah diawali dengan pembacaan doa surat yasin dan tahlil yang dipimpin oleh KH Zainal Mutaqim di pusaran makam, yang selanjutnya peziarah tabur bunga di makam Ki Mandurorejo.

Ziarah ke makam KPA Mandurorejo, pendiri dan tokoh Kabupaten Batang sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa membangun Kabupaten Batang, dan ziarah ke makam ini merupakan tradisi tiap menyambut hari jadi Kabupaten Batang, kata Wihaji. 

Setelah ziarah di makam  Kaliwungu Kendala selanjutnya ke makam 9 tokoh di Astana Paskaran Batang. 

Adapun Bupati yang dimakamkan di Astana Pasekaran Kanjeng Raden Thoemenggung Soerokadiningrat, (Kanjeng Sedorawuh), Kanjeng Pangeran Ariosoero Adiningrat II, Toemenggung Tjokro Djojo KA.II, Toemenggung Poespo Negoro, Adipati Ario Soerjodiningrat, dan Bupati H Djoko Poernomo,SH.

Ia juga mengatakan Kabupaten Batang yang kini berusia 55 tahun, merupakan pemekaran dari Kabupaten Pekalongan yang pada 8 April 1966 berdiri sendiri menjadi Kabupaten Batang. “Ziarah makam yakni salah satu wujud menghargai para leluhurnya agar tidak lupa dengan sejarah kita, untuk itu senantiasa bersama-sama berziarah ke makam para Auliya di Batang,karena mengingatkan suatu saat kita juga akan menyusul,” ujarnya.

Ia menambahkan sebagai penerus harus bersama memperjuangkan membangun Kabupaten Batang.Kita sebagai generasi penerusnya untuk bersama meneruskan perjuangan membangun Kabupaten Batang agar lebih sejahtera dan bermartabat, tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut di serakan bantuan paket sembako kepada Juru kunci Makam KPA Mandurorejo dan juru Kunci Makam Astana Pasekaran Batang. ( Bam’s )

Memberikan Komentar anda