Beranda Berita Utama PKBM Cundamani Mengumunkan Kelulusan Paket C Melalui Online

PKBM Cundamani Mengumunkan Kelulusan Paket C Melalui Online

0

BHARATANEWS.ID|LEBAK _ Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) cundamani kecamatan Cihara, kabupaten Lebak, mengumunkan kelulusan paket C atau setara dengan SMA secara online, pengumuman secara online tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (covid-19).

Ketua PKBM Cundamani Iim Saripudin mengatakan, pengumuman kelulusan paket C tersebut bisa di lihat melalui Website yang diberikan lembaga ke masing masing peserta didik/siswa melalui pesan WhatsApp atau grup WhatsApp peserta didik paket C kelas 12, sehingga peserta didik tidak perlu datang ke sekolah apalagi ada larangan untuk berkumpul di tengah pandemi covid-19.

“Semua mengacu pada surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 dan Nomor 9 Tahun 2020, yang menegaskan bahwa berdasarkan protokol kesehatan satuan pendidikan dilarang melakukan pembelajaran di satuan pendidikan dan melakukan ujian akhir dengan cara mengumpulkan peserta didik,”ujar Iim kepada Bharatanews. Rabu (06/05/2020).

Iim menjelaskan, untuk kelulusan tahun ini tidak didasarkan pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), melainkan peserta telah mnyelesaikan pembelajaran selama 6 semester dan telah mengikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) dan Ujian Sekolah (US).

“Kelulusan dituangkan melalui surat keterangan lulus dan ditandatangani oleh ketua PKBM,”ucapnya

Iim menambahkan, oleh karena itu satuan pendidikan kesetaraan yaitu PKBM dan SKB sejak dikeluarkan surat edaran nomor 4 Tahun 2020 tidak boleh menyelenggarakan ujian pendidikan kesetaraan (UPK) dengan mengumpulkan peserta didik. PKBM atau SKB bisa melakukan UPK secara daring (online).

“Jika memang satuan pendidikan tidak mampu, atau peserta didik tidak bisa akses internet maka penilaian akhir kelulusan didasarkan pada nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan 5 ditambah nilai semester 6,”tambahnya. (Sandi)

Memberikan Komentar anda