Beranda Berita Utama Resmi Terbentuk, Relawan Copid-19 Desa Cidenok Siaga 24 jam

Resmi Terbentuk, Relawan Copid-19 Desa Cidenok Siaga 24 jam

648
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA _ Pemerintah Desa (Pemdes) Cidenok Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka secara resmi membentuk Tim Relawan Tanggap Darurat Corona Virus Disease (COVID-19) sekaligus menyediakan Posko yang bertempat di kantor balai desa setempat, Sabtu (11/4/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, perangkat desa, lembaga desa dan Muspika Sumberjaya.

Kepala Desa Cidenok, Maman Suparman mengatakan, jajaran pengurus Relawan Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 Desa Cidenok terdiri dari Kepala Desa, Sekdes Ketua BPD beserta Anggotanya, Karang Taruna, TP PKK, serta dibantu oleh Bidan desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama dan Masyarakat.

” Salah satu tugas relawan ini adalah menyediakan pos jaga untuk memantau keluar masuknya orang,” paparnya.

Menurutnya, setiap orang yang masuk wilayah desa Cidenok harus didata terutama warga pendatang dan pemudik dari luar daerah maupun luar negeri.

” Pos relawan ini juga harus dijaga selama 24 jam. Adapun, relawan yang berjaga telah dilengkapi alat kesehatan dan disediakan konsumsinya,” ujarnya.

Dijelaskannya, Warga yang baru datang dari luar daerah atau luar negeri selain didata juga diperiksa suhu tubuhnya oleh para relawan.

Sementara menurut, Sekdes Cidenok Nano Supriatna, S.PdI setiap pemudik sudah otomatis termasuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP).

” Relawan harus segera melapor apabila didapati warga terutama pemudik yang suhu tubuhnya melebihi 37,5 ° Celcius kepada petugas kesehatan,” katanya.

Dikatakannya, Tim relawan secara intensif melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan menyediakan Hand Sanitizer di kantor desa dan tempat umum, menyediakan alat kesehatan untuk deteksi serta perlindungan dan pencegahan penyebaran wabah penularan COVID-19.

Selain itu menyediakan nomor telepon Sekretariat Posko dan Rumah Sakit Rujukan serta nomor telepon Ambulance desa.

” Bagi warga yang membutuhkan nomor telepon untuk informasi dan komunikasi terkait Copid-19 khususnya di Desa Cidenok Hotlinenya telah terpampang di Posko Relawan,” pungkasnya. (Fito)