Beranda Berita Utama Festival Reggae Nasional Akan Digelar di Lanud Suryadarma

Festival Reggae Nasional Akan Digelar di Lanud Suryadarma

0
Berita Gambar: Komandan Lanud Suryadarma saat konferensi pers Jabar Reggae Star Festival 2020 di Ruang Rapat Rajawali Mako lanud Suryadarma, Rabu (26/2/2020).

BHARATANEWS.ID|SUBANG _ Pen SDM. Lanud Suryadarma akan menjadi tuan rumah “Jabar Reggae Star Festival 2020” yang akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 29 Februari 2020 mendatang yang diikuti oleh para musisi nasional maupun lokal dan komunitas reggae se-Indonesia.

Festival reggae ini mengusung tema “Peduli Lingkungan” yakni mengajak warga Jawa Barat khususnya Subang lebih mencintai lingkungan. Hal ini diutarakan oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc. pada acara Press Conference Jabar Reggae Star Festival 2020 bertempat di Mako Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Rabu (26/2/2020).

Pada acara tersebut Danlanud Suryadarma mengaku sangat mengapresiasi atas semangat anak-anak muda dan kaum milenial untuk melaksanakan acara event tersebut karena format kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dan mengajak masyarakat untuk peduli kelestarian lingkungan berbasis event.

Program ini sejalan dengan program Lanud Suryadarma sejak 2019 terkait pencangangan Go Green yang dinamakan “Lanud Suryadarma Go Green”.

“Jadi kami tentunya sangat mendukung terselenggaranya acara tersebut. Mari kita sukseskan bersama-sama,” katanya.

Dalam program Lanud Suryadarma tersebut, kata Danlanud, pihaknya telah merealisasikan sejumlah program.

“Program itu terdiri dari penghijauan penanaman 1000 pohon, penggunaan tumbler, penggunaan tas ramah lingkungan, car free day, bike to work, green basket, blue basket, dan red basket,”ujarnya.

Menurut salah satu panitia Jabar Reggae Star Festival 2020, Agung Ngurah, bahwa acara festival reggae diawali sejak tahun 2015 di Bali. Saat ini mulai menyebar ke berbagai provinsi, termasuk Jawa Barat di Kabupaten Subang tahun ini.

Dalam hal ini, Agung ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk terus bergerak berbuat hal-hal positif, salah satunya peduli terhadap lingkungan.

“Untuk itu saya mohon ke Bapak Danlanud dan Pemkab Subang untuk membina terutama komunitas-komunitas reggae khususnya yang ada di Subang untuk terus bergerak ke melakukan hal positif dan bermanfaat,”ujar Agung.

Artinya, lanjut dia, event tersebut bukan hanya sekedar event musik biasa, tapi juga mengedepankan edukasi dan isu terkini yang berkembang di tengah masyarakat.

“Jadi soal tema yang diusung didorong ke isu lingkungannya masing-masing daerah. Menstimulan Milenial yang tadinya diam jadi bergerak,”jelasnya.

Ditambahkan Panitia lainnya, Arya Putro mengungkapkan alasan memilih Lanud Suryadrama sebagai lokasi event reggae tersebut.

“Awalnya kita konsultasi ke Bapak Wakil Bupati Subang dan diarahkan ke Alun-alun Subang. Tapi kita melihat disana ada taman, takut nanti penonton membludak akhirnya merusak. Sementara Lanud Suryadarma selain tempatnya luas dan tingkat keamanan terjamin juga sejalan dengan program Lanud Suryadarma yaitu go green,”ungkapnya.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi yang hadir pada kesempatan itu juga mengapresiasi rencana pelaksanaan event tersebut. Apalagi tema yang diusung sesuai dengan isu yang terjadi di Subang kali ini menyoal peduli lingkungan.

“Isu lingkungan memang sangat krusial, urusan sampah hingga tempat pembuangan sampah (TPA) menjadi konsen pemerintah sampai hari ini,”ujar Agus.

Ia menyebut, event musik reggae ini menjadi momentum bagi Pemkab Subang melalui Disparpora Subang untuk mempromosikan Subang, baik dari sisi promosi destinasi wisata juga produk UMKM Subang, seperti produk kopi asli Subang.

“Untuk itu saya mengajak warga masyarakat Subang untuk menghadiri event ini. Terutama bagi para pelaku UMKM ke panitia saya minta siapkan tempatnya untuk tempat promosi,”pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Khairun Aslam, Para Kepala Dinas Lanud Suryadarma beserta para pejabat, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Subang dan para panitia acara Jabar Reggae Star Festival 2020. (*/Fito).

 

Memberikan Komentar anda