Beranda Berita Utama Mengetahui Tanah Amblas Di Batang, Ganjar Pranowo Siap Datangkan Ahli Geologi dan...

Mengetahui Tanah Amblas Di Batang, Ganjar Pranowo Siap Datangkan Ahli Geologi dan BMKG

0

BHARATANEWS.ID|BATANG _ Bencana Tanah amblas yang terjadi di Desa Jolosekti Kecamatan Tulis Batang, pada Kamis (20/2) kini mendapatkan perhatian serius dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Orang nomor satu di Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, siap akan mendatangkan pakar ahli untuk mendapatkan data atas penyebab terjadinya tanah yang amblas di desa Jolosekti kecamatan Tulis Batang.

“Di daerah Jawa Tengah memang rawan bencana mulai dari tanah amblas, micro sesar dan juga yang lainya, bencana tersebut berpotensi di banyak tempat,” kata Ganjar Pranowo saat mengunjungi korban pasca banjir di Desa Kalipucang Wetan Kecamatan Batang, Jumat (21/2/2020) malam.

Kerusakan alam pun menjadi salah satu faktor penyebab bencana yang terjadi, maka dari itu harus kita jaga dengan benar, lakukan penghijauan serta membuat terasering.

“Tetapi untuk kasus amblasnya tanah di Desa Jolosekti Batang yang mengakibatkan adanya 15 hektaran sawah, akan kita bantu ceking dan kalau perlu kita akan datangkan ahlinya,” kata Ganjar Pranowo

Setelah nantinya di datangkan tim ahli akan diketahui seberapa besar potensi kerawanannya, sehingga dalam menghitung perencanaan pembangunanya masyarakat mengerti dan paham kita hidup di daerah bencana.

Lanjutnya Ganjar Pranowo menjelaskan,
“Ini menjadi penting agar masyarakat bisa memahami dan mengerti tentang program keluarga tahan bencana, keluarga tangguh bencana, ketika tanah dan bangunan tahu resikonya sehingga dapat meminimalisir,” jelas Ganjar Pranowo.

Sementara Bupati Batang Wihaji menyampaikan, bahwa amblasnya tanah yang mencapai 50 centi meter menjadi perhatian serius untuk pemkab. Pasalnya mengenai akses jalan antar desa dan dekat sekali dengan pemukiman warga.

“Jika tidak segera di tangani secara cepat Dan serius, dikhawatirkan dapat berpotensi bencana longsor yang bisa mengenai pemukiman warga yang berada di sekitar” jelasnya.

Wihaji mengapresiasi gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dengan melakukan langkah antisipasi dengan penanganan cepat rawan bencana dengan mendatangkan ahli geologi dan BMKG.

Terlihat Kapolres Batang AKBP Abdul Waras dan juga Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi turut mendampingi Gubernur Jawa Tengah dalam kegiatan tersebut.(Niko)

Memberikan Komentar anda