Beranda Berita Utama TNI dan Polri Menutup Lubang Penambang Emas Tanpa Ijin di Desa Bantar...

TNI dan Polri Menutup Lubang Penambang Emas Tanpa Ijin di Desa Bantar Karet

135
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|BOGOR _ Tim gabungan Polda Jabar, Polres Bogor, dan TNI dari Kodim 0621/Bogor yang di pimpin langsung oleh Kapolres Bogor AKBP Muhamad Joni,S.I.K,M.Si menertibkan puluhan lubang penambangan emas tanpa izin atau ilegal alias liar di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Rabu (15/1/2020).

Kapolres Bogor mengatakan bahwa jumlah lubang penambang emas tanpa izin alias gurandil banyak ditemukan di wilayah Bogor bagian barat. akan tetapi yang paling memprihatinkan ada di Kecamatan Nanggung. Penertiban ini dilakukan menyusul pengungkapan kasus gurandil atau penambang emas ilegal yang dilakukan oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bogor pada Senin 13 Januari 2020 lalu.

“Penambangan emas liar ini menjadi salah satu faktor penyebab bencana alam tanah longsor di Sukajaya dan Jasinga. Selain itu curah hujan tinggi hingga 18 jam yang terus-menerus menjadi faktor lain penyumbang bencana longsor yang terjadi.” ujar beliau.

Penambangan emas liar ini melanggar Pasal 158 juncto Pasal 37 dan atau Pasal 161 UU Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (**/ft)