Beranda Berita Utama Bareskrim Polri Tangkap Pelaku Tindak Pidana Pemerasan Via Aplikasi Ransomware

Bareskrim Polri Tangkap Pelaku Tindak Pidana Pemerasan Via Aplikasi Ransomware

0

BHARATANEWS.ID|JAKARTA _ Penyidik Subdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap seorang tersangka berinisial BBA (21) karena melakukan tindak pidana pemerasan dengan cara menyandera data korban menggunakan aplikasi ransomware.

“Hacker ini tidak terorganisir, keuntungan yang didapat buat dia sendiri,” kata Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Pol Rickynaldo Chairul di Kantor Bareskrim, Jakarta, Jumat, (25/10/2019).

Tersangka ditangkap pada Jumat,18 Oktober 2019 di Sleman, DIY.

Rickynaldo mengatakan tersangka menyebarkan email berisi tautan kepada para korbannya yang mengarahkan korban untuk mengunduh ransomware Cryptolocker dari server milik pelaku sehingga menyebabkan data pada sistem server email di sebuah perusahaan di Amerika Serikat terenkripsi dan tidak dapat dibaca.

“Tersangka kemudian meminta tebusan berupa uang dalam bentuk mata uang digital terenkripsi Bitcoin agar data milik korban dapat dibaca kembali,” katanya.

Dengan modus operandi tersebut, tersangka menyebarkan aplikasinya ke 500 akun email calon korban yang berada di luar negeri, salah satu korbannya adalah sebuah perusahaan di San Antonio, Texas, Amerika Serikat.

Tersangka mengirimkan tautan aplikasi http://ddiam.com/shipping200037315.pdf.exe ke salah satu satu karyawan di perusahaan tersebut yang berisi ransomware Cryptolocker sehingga mengakibatkan sistem server email sebuah perusahaan di USA tersebut terenkripsi akibat tindakan tersebut.

Setelah itu dalam monitor layar komputer korban muncul tampilan yang berisi pesan yang meminta korban menghubungi email pelaku yaitu [email protected] beserta ancaman bahwa apabila korban tidak mempedulikan pesan tersebut maka data-data korban akan terhapus dalam waktu tigahari.

Setelah terjadi percakapan korban dengan pelaku akhirnya korban mengirim sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin ke akun pelaku yaitu 17evyZL6ZvtV9uqvy79nZNbFEswuS87LBB.

Dari hasil pengembangan penyidikan diketahui bahwa tersangka juga melakukan tindak pidana lain berupa carding dengan modus membelanjakan kartu kredit orang lain dan memperjualbelikan data kartu kredit orang lain di Darkweb.

Barang bukti yang diamankan oleh Kepolisian antara lain 1 (satu) buah Laptop Macbook pro 2018 type A1989, 1 (satu) buah handphone Iphone XS warna hitam, 1 (satu) buah handphone Iphone X warna hitam, 1 (satu) buah KTP, 1 (satu) buah kartu ATM Bank BNI dan 1 (satu) unit CPU rakitan merek Asus.

Atas perbuatannya itu, tersangka dikenai Pasal 49 Jo Pasal 33 dan Pasal 48 ayat (1) Jo Pasal 32 ayat (1) dan Pasal 45 ayat (4) Jo Pasal 27 ayat (4) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman pidana 10 tahun penjara. (**/ft)

Memberikan Komentar anda