Beranda Berita Utama Irjen Pol M. Iqbal : Polri Belum Bisa Memastikan Apakah Randi Tewas...

Irjen Pol M. Iqbal : Polri Belum Bisa Memastikan Apakah Randi Tewas Tertembak Atau Sebab Lain

183
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|JAKARTA _ Mabes Polri menyatakan Randi (21), mahasiswa Halu Oleo yang tewas ditemukan 500 meter dari lokasi aksi demo di gedung DPRD Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Polri belum bisa memastikan apakah Randi tewas karena tertembak atau sebab lain.

“Setelah dilakukan pemeriksaan beberapa saksi di lokasi, bahwa yang bersangkutan diduga ditemukan 500 meter dari lokasi demo. Untuk itu, dugaan yang meninggal dunia tadi diduga penyebabnya luka tembak, kita belum tahu secara pasti,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal, Jumat (27/9/2019).

Irjen Iqbal mengatakan jika Randi tewas karena tertembak, maka Polri akan membentuk tim investigasi untuk menyelidiki dari mana arah tembakan dan jenis peluru yang digunakan. Selain itu, autopsi jenazah juga perlu dilakukan.

“Oleh karena itu, perlu diadakan autopsi secara scientific oleh tim gabungan secara netral,” ucapnya.

Irjen Iqbal menambahkan bahwa sesuai perintah Kapolri, anggota yang mengamankan jalannya aksi demo tak dibekali peluru tajam. Penggunaan water canon juga dilakukan juga eskalasi demo meningkat berujumg pengrusakan fasilitas umum.

“Dan yang harus diketahui semua pihak bahwa dalam rangka penyampaian pendapat di muka umum beberapa hari ini, Bapak Kapolri dengan tegas menyampaikan tidak ada yang menggunakan peluru tajam dan peluru karet. (Gas air mata) itu pun atas eskalasi yang meningkat dan sudah anarkis dan merusak,” sambung Irjen Iqbal. (**/ft)