Beranda Berita Utama Iis Sugianti : Bank Sampah Latanza Adalah Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu Dari...

Iis Sugianti : Bank Sampah Latanza Adalah Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu Dari Kita Untuk Kita

0

BHARATANEWS.ID|KARAWANG – Bank Sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat “berkawan” dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Sehingga bank sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan 4R (Reduce, Reuse, Recycle) agar manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.

Keberadaan bank sampah Bank Sampah Latanza memang relatif baru. Namun manfaat yang didapat dari bank sampah ini telah banyak dirasakan oleh warga masyarakat sekitar. Terbukti dalam kurun waktu 4 (empat) tahun telah tercatat jumlah nasabah rutin yang menyetorkan ke bank sampah ini sejumlah 400 orang. Sementara itu jumlah produksi hasil karya berbahan baku sampah sudah sangat beragam.
Bank sampah ini merupakan konsep pengumpulan sampah kering, dipilih dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan, Tetapi yang ditabung bukanlah uang melainkan sampah. Warga yang menyetorkan sampahnya ke bank sampah ini disebut “menabung”  dan memiliki buku tabungan sampah. Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual kepada pengepul yang sudah bekerja sama. Sedangkan sampah plastik kemasan dibuat untuk kreasi handycraft (Kerajinan Tangan). 
Direktur Bank Sampah Latanza saat dikonfirmasi mengatakan,” Bank Sampah Latanza adalah sistem pengelolaan terpadu dari kita untuk kita. Jadikanlah Sampah itu sebagai teman, tapi kalo sampah di jadikan musuh, maka akan menjadi sesuatu yang menjijikkan. Karena kebersihan adalah sebagian dari pada iman. Dan Bank Sampah Latanza ini juga bisa di jadikan uang melalui dari bank BNI, dengan cara pembayaran sampah Buku rekening tabungan,” pungkas Hj Iis Sugianto yang akrab dipanggil ibu Joyce, Jumat (20/09/2019).  (Fito)

Memberikan Komentar anda