Beranda Berita Utama Entaskan Kemiskinan, Pemkab Blitar Kembali Menggelar Job Market Fair 2019

Entaskan Kemiskinan, Pemkab Blitar Kembali Menggelar Job Market Fair 2019

0

BHARATANEWS.ID|BLITAR – Dalam mengentaskan kemiskinan dan penanggulangan pengangguran utamanya masalah ketenagakerjaan Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar kembali menggelar Job Market Fair 2019 di Pendopo Sasana Adhi Praja Kantor Bupati Blitar, Kamis (19/09/2019). Job Fair Ini dibuka langsung oleh Bupati Blitar Drs. H. Rijanto dan dihadiri oleh kepala OPD beserta undangan.

Menurut data BPS Sakernas tahun 2018 (Sensus Angkatan Kerja Nasional), jumlah angkatan kerja 638,460 orang, pengangguran 21.508 orang dan bekerja 616.952 orang dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 3,37% (Jawa Timur 4,10%, Nasional 5,34%). Dalam kesempatan tersebut Bupati Blitar H. Rijanto menyempatkan diri untuk mendatangi beberapa stand-stand perusahaan dari 50 perusahaan di wilayah Jawa Timur.

Bupati Blitar H. Rijanto mengatakan Jumlah angkatan kerja semkin tahun semakin meningkat meskipun angka pengangguran bisa berkurang tapi tidak imbang dengan percepatan angkatan kerja. Ini dibuktikan dari data infografis data BPS sakernas tahun 2018 kabupaten blitar 3.37% dibawahnya Provinsi Jawa Timur dan masih di bawahnya tingkat nasional.

H. Rijanto berharap, Blitar terus bisa ditekan angka penganggurannya, untuk menekan ini tentunya harus banyak kegiatan membuka peluang angkatan kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan tentunya dengan mengadakan Job fair.

Ia menambahkan ” Dinas Tenaga Kerja dalam satu tahun sudah mengadakan 4 kali, ada job fair reguler dan ada job fair mini dan akan membuat trobosan jemput bola ke sekolah sekolah SMK-SMK dengan menggandeng BKK (Balai Kerja Khusus) bila ini bisa ditempuh tentunya angka pengangguran di Kabupaten Blitar bisa ditekan. ” tuturnya. (***)

 

Memberikan Komentar anda