Beranda Berita Utama Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Dan Peningkatan Kapasitas

Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Dan Peningkatan Kapasitas

0

BHARATANEWS.ID|PURWAKARTA –Menindaklanjuti kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) dilaksanakan pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) oleh Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) secara serentak se-Kabupaten Purwakarta. Dimana pesertanya setiap desa dua orang terdiri Kader Pembangunan Manusia dan Kaur Kesos.

“Untuk kecamatan Campaka digabung dengan kecamatan Cibatu selain lebih dekat juga mempermudah Koordinasi dalam melaksanakan kegiatan pelatihan ini, ” ungkap Wawan Hermawan Ketua TPID kecamatan Campaka, Kamis (31/7).

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan kader pembangunan manusia dimana mereka ini secara kinerja langsung bersentuhan dengan masyarakat sehingga dalam pelaksanaan kerjanya harus lebih memahami untuk memaksimalkan hasil kerja.

“Pemahaman kerja dan tupoksi di lapangan mesti faham betul dan hari ini dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka dilaksanakan pelatihan baik secara keilmuan maupun praktek, ” jelasnya.

Salahsatu tugas terpenting KPM adalah pencegahan stunting (kerdil) karena dinilai selain gen juga gizi buruk yang menjadi faktornya. Sehingga sejak hamil diberikan pemahaman bagi ibu hamil melalui penyuluhan disamping itu juga pemberian PMT, makanan bergizi disetiap kesempatan.

Sementara, Bursa Inovasi Desa (BID) ada tiga unsur yang menjadi sasaran diantaranya Infrastruktur, Wirausaha Sumber Daya Manusia dan Kewirausahaan.

“Dari ketiga unsur ini mana saja yang sudah maupun belum masuk dalam program desa. Apabila belum maka KPM dan Kaur Kesos melaporkannya kepada kepala desa lalu ke camat dan selanjutnya kepada TPID dan nantinya akan direkomendasikan untuk ditindaklanjuti, ” tutupnya. (mas).

Memberikan Komentar anda