Beranda Berita Utama Polsek Sukasari Polres Bandung Bantu Evakuasi Wisatawan Tersesat Di Kaki Gunung Papandayan

Polsek Sukasari Polres Bandung Bantu Evakuasi Wisatawan Tersesat Di Kaki Gunung Papandayan

0

BHARATANEWS.ID|GARUT – Nasib sial dialami Novian dan keluarga, wisatawan asal Tangerang selatan, maksud hati ingin mencari petunjuk arah dengan menggunakan aplikasi peta, malah tersesat hingga ke tengah perkebunan teh atau di wilayah Kaki Gunung Papandayan tepatnya di Blok Perkebunan Tibet perbatasan Kab. Garut dan Kampung Papandayan Desa Neglawangi. Jumat (07/06/2019) Pukul 19.00 Wib.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K. menuturkan, ”ย  bahwa Novian beserta keluarga saat itu bermaksud untuk mengunjungi Kawah Papandayan Garut mengendarai mobil jenis Suzuki AVV warna Hitam No. Pol. B 1148 NYA, menggunakan Jalan Pangalengan – Neglawangi Kabupaten Bandung, untuk mencari arah, kemudian menggunakan aplikasi peta. Akan tetapi bukannya sampai ke tujuan, malah tersesat ke jalan perkebunan teh atau hutan dengan medan jalan tanah dengan bebatuan yang rusak dan sempit, sehingga mobil yang dikendarai sedikit trable/slip, ” Terang Kabid Humas Polda Jabar.

Karena hari menjelang malam, Novian beserta keluarga kebingungan untuk melanjutkan atau berbalik arah, beruntung, Novian tak kehabisan akal dan kebetulan ada sinyal seluler yang bisa di gunakan, lantas oleh Novian dihubungi nomor call center Basarnas untuk meminta pertolongan / penjemputan, kemudian dari Basarnas menyambungkan ke piket Polsek Kertasari. Laporan diterima pada pukul 21.00 Wib, oleh Brigadir Falah, kemudian Brigadir Falah meminta Novian untuk mengirimkan ulang koordinat dimana dirinya tersesat.

” Berbekal informasi tersebut, 3 Personel dan dibantu 2 Warga Kp. Papandayan mencari wisatawan tersebut, tepatnya pukul 01.15 Wib dini hari akhirnya Novian beserta keluarga dapat ditemukan, kemudian karena kendaraan sedikit trable, dan mobil harus didorong, petugas Kepolisian bersama warga menyisir jalan yang berlobang dan berbatu untuk dirapihkan agar mobil bisa melintas menuju ke jalan utama,” Pungkas Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K.

Adapun terkait peristiwa tersebut, Kapolsek Kertasari Polres Bandung Ipda Yoni Agustina mengimbau kepada wisatawan/pemudik yang akan menuju tempat tujuan untuk lebih berhati-hati. Jangan terlalu percaya sepenuhnya pada aplikasi ponsel. Wilayah Kertasari yang bergunung-gunung sering menyebabkan aplikasi ponsel yang menggunakan sinyal seluler, sering terganggu. Jika ragu, lebih baik tanyakan langsung ke kantor polisi. (fito)

Memberikan Komentar anda