Beranda Berita Utama Umat Hindu Lombok Barat Ikuti Malam Takbir Sebagai Wujud Toleransi Antar Umat...

Umat Hindu Lombok Barat Ikuti Malam Takbir Sebagai Wujud Toleransi Antar Umat Beragama

0

BHARATANEWS.ID|LOMBOK BARAT, – Ribuan warga muslim Desa Narmada, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB tumpah ruah merayakan malam takbiran menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Ribuan warga dari berbagai usia mengikuti pawai mengelilingi desa sejak Ba’da Isya.

Hal yang sangat menarik dan mungkin pertama kali terjadi Umat Hindu ikut meramaikan malam takbir , mereka dengan antusian mengikuti pawai berpakaian adat lengkat membawa umbul-umbul ( Spanduk) warna warni serta Payung Merah Putih dan diiringi musik tradisional Bali, Beleganjur ( Gambelan). Pawai malam takbir warga Dusun Gandari, Desa Narmada yang didominasi umat Hindu. Mereka terdiri dari sepuluh umat muslim dan sembilan puluh orang umat hindu.

Menurut tokoh pemuda Dusun Gandri , I Ketut Suweca setelah mengikuti pawai mengatakan, “Pengalaman ini sangat luar biasa banget karena bisa ikut serta memeriahkan acara takbiran. Ini juga baru pertama kali untuk warga Dusun Gandari ikut. Jadi, semua anak dan remaja, bahkan ibu-ibu pun ada yang berpartisipasi untuk ikut,” terang I Ketut Suweca Selasa (4/6).

Suweca mengaku, partisipasi umat Hindu dalam ikut menyambut Hari Raya Muslim sangat disambut baik oleh panitia. Mereka bahkan diberikan barisan paling depan iring-iringan pawai. “Pertama datang kami langsung disambut baik banget sama panitia. Langsung diarahkan untuk baris di urutan kedua,” ujarnya.

I Ketut Suweca menjelaskan, selain untuk menunjukkan toleransi antar umat beragama, dirinya bersama warga dan tokoh masyarakat sengaja ambil bagian dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan Desa Narmada menjadi Desa Wisata yang bertemakan toleransi. Ia juga mengharap Dusun Gandari bisa menjadi contoh kerukunan antar umat beragama untuk menciptakan kedamaian.

“Kami berharap bisa tetap ikut memeriahkan acara takbiran di setiap tahunnya, dan selalu saling menghormati satu sama lain,” harapnya. (gede. S)

Memberikan Komentar anda