Beranda Berita Utama Ramadhan di Sebrang Lautan, Rindu Kampung Halaman Dari Tanah Sowite

Ramadhan di Sebrang Lautan, Rindu Kampung Halaman Dari Tanah Sowite

606
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|MUNA – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh keindahan dan bulan yang penuh perjuangan.

Kenapa Ramadan Saya katakan sebagai bulan perjuangan? Bagi Saya yang saat ini sedang jauh dari kampung halaman, jauh dari keluarga besar dan jauh dari suasana rumah, karena Saya sedang berusaha mengumpulkan pundi-pundi rupiah di luar kota, setidaknya inilah yang Saya sebut apa arti perjuangan di bulan Ramadan.

Perjuangan di bulan Ramadan adalah perjuangan dimana Kamu berjuang menahan rindu yang ada di dada untuk merasakan suasana Ramadan di kampung halaman.

Berdasarkan pengalaman pribadi juga sharing dengan kawan juga saudara yang juga jauh dari kampung halaman, setidaknya ada beberapa hal yang sering kali dirindukan dari kampung halaman saat Ramadan.

Dan pada dasarnya, rindu tersebut ada bermacam-macam. Mulai rindu akan meriahnya keceriaan anak-anak kampung yang sedang membangunkan warga untuk makan sahur, rindu berbuka puasa dengan masakan ibu atau orang tercinta di rumah hingga rindu suasana sholat tarawih di masjid terdekat di sekitar rumah.

Linangan air mata perjuangan ini, tidak dipenuhi keluh kesah, karna tanpa sadar sementara saya berada jauh di tanah rantau kebahagiaan mengiringi setiap langkah perjuangan Saya di Bumi Sowite ini.

Meski rasa rindu itu menggebu-gebu dan sering kali membuat pilu, untuk mengurangi rindu tersebut Saya selalu berusahakan agar tetap sabar, tenang dan memperbanyak melakukan ibadah di bulan Ramadan.

Berkumpul dan bercengkerama bersama sahabat baru di tempat baru, temukan saudara baru di tempat baru dan lakukan berbagai kegiatan positif yang juga membuat Saya merasa nyaman dan bangga telah berada di Bumi Sowite. (Aris)