Beranda Berita Utama Tentukan Skala Prioritas, Pemkab Majalengka Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2018-2023

Tentukan Skala Prioritas, Pemkab Majalengka Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2018-2023

404
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023 bertempat di Gedung Graha Sindangkasih, Jalan KH Abdul Halim, Kabupaten Majalengka, Senin (15/4/2019).

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat, Yuke Mauliani Septina menyebutkan, Musrenbang merupakan suatu wadah untuk memberikan ruang kepada masyarakat dalam berperan aktif mengawal dan menentukan arah pembangunan daerah serta merupakan pendekatan secara Bottom-up (dari bawah/masyarakat ke atas/penentu kebijakan) yang menyusun prioritas usulan dari masyarakat dengan mengkategorikan berdasarkan urusan dan alokasi anggaran.

Menurutnya, Kegiatan Musrenbang ini merupakan agenda kegiatan tahap lanjutan yang sebelumnya telah diawali dengan rangkaian Musrenbang tingkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan se-Kabupaten Majalengka.

Ditempat yang sama Bupati Majalengka H Karna Sobahi menjelaskan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah dengan memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan perangkat daerah dan program perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun dan disusun berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Majalengka Tahun 2005-2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

” RPJMD Kabupaten Majalengka Tahun 2018-2023 merupakan tahap keempat dari RPJPD tahun 2005-2025,” ungkapnya, usai membuka Musrenbang tingkat Kabupaten Majalengka kepada awak media.

Dijelaskannya, pada tahap ini fokus pembangunan diarahkan pada upaya terwujudnya Kabupaten Majalengka maju dan sejahtera berlandaskan keimanan dan ketaqwaan berbasis masyarakat yang partisipatif serta kompetitif dalam berbagai bidang, sebagaimana visi yang hendak dicapai pada RPJPD Kabupaten Majalengka.

” Dengan Musrenbang ini kita berupaya untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat Majalengka yang religius, adil, harmonis, dan sejahtera,” pungkasnya.  (Nano)