Beranda Berita Utama Inilah Kegiatan Yang Dilakukan Istri Gubernur Jabar, Saat Sarling Di Majalengka

Inilah Kegiatan Yang Dilakukan Istri Gubernur Jabar, Saat Sarling Di Majalengka

0

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA – Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya Kamil melakukan Siaran Keliling (Sarling) di Kabupaten Majalengka , Selasa (9/4/2019) turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Bupati Majalengka H Karna Sobahi, ketua Tim PKK Kabupaten Majalengka Hj Dede Karna Sobahi ,Sekda, OPD dan Muspika Cigasong.

Dalam rangkaian Sarling di Kabupaten Majalengka, lokasi pertama yang dikunjungi Atalia adalah Posyandu Kelurahan Cigasong Kecamatan Cigasong. Di lokasi ini, Atalia menekankan pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) khususnya dalam lingkungan rumah dan pelayanan Posyandu buat anak Balita.

“Bunda-bunda, menerapkan PHBS tentu akan menciptakan keluarga sehat dan mampu meminimalisir masalah kesehatan,” ungkap istri Gubernur Jabar tersebut.

Salam kesempatan itu pihaknya memaparkan sepuluh indikator PHBS pada tingkatan rumah tangga, diantaranya persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

Menurutnya, kesepuluh indikator tersebut harus diterapkan dalam lingkungan rumah kagar anggota keluarga tidak mudah terkena penyakit sehingga anggota keluarga sehat dan mampu meningkatkan produktifitas anggota rumah tangga.

Pada kesempatan tersebut Atalia juga menyerahkan alat penimbangan balita Dacin Inovasi, ‘Tanda Sayang Bunda Cinta dari Ketua TP PKK Provinsi Jabar kepada Ketua TP PKK Kelurahan Cigasong Kabupaten Majalengka.

Istri orang nomor satu di Jabar ini juga mengunjungi lokasi kedua, PAUD GIPSI puspa indah . Di lokasi ini Atalia disambut dengan penampilan drumband oleh anak-anak PAUD tersebut.

Ditempat ini, kembali Atalia mengingatkan kepada para orang tua agar terus berupaya menanamkan budaya membaca di lingkungan rumah masing-masing. Karena pada dasarnya, hal yang paling mendasar dalam tumbuh kembang anak adalah derajat kondisi psikososial, kesehatan dan gizi anak.

Pada anak anak PAUD GIPSI ibu gubernur mendongeng pentingnya makan ikan. Karena baginya, ikan mengandung banyak protein dan dapat membantu anak-anak tumbuh sehat, cerdas dan ceria.

Dijelaskannya, ada dua hal yang penting dalam menentukan masa depan anak. Pertama, membiasakan gemar membaca. Kedua, membiasakan makan ikan.

“Ibu-ibu jangan lupa anaknya diberikan asupan makanan bergizi dan terbaik bagi kesehatan mereka. sekali-kali makan ikan di rumah,” jelasnya.

Sementara, Ketua PKK Kabupaten Majalengka Hj Dedeh Karna Sobahi mendukung penuh gerakan literasi dan Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) yang disampaikan ibu gubernur. kedua gerakan tersebut memiliki korelasi terhadap perkembangan kecerdasan anak.

“Secara umum, literasi bukanlah istilah baru. Literasi merupakan kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, menghitung dan berbicara yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.(Nano)

Memberikan Komentar anda