Beranda Berita BUMDes “ARTA BERKAH SIMPAR” Dongkrak, Inovasi UMKM Desa Simpar

BUMDes “ARTA BERKAH SIMPAR” Dongkrak, Inovasi UMKM Desa Simpar

0

 

BHARATANEWS.ID|BATANG – Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Dalam hal ini BUMdes Desa Simpar Kecamatan Bandar juga memiliki Visi Misi untuk membangun,perekonomian yang berkualitas, maju dan berkah, hal tersebut, disampaikan oleh Syekh Abidin, mewakili, Kepala Desa Simpar, saat di kunjungi dirumahnya,
Mengatakan, dan menceritakan, tentang BUMDes, “ARTA BERKAH”
Desa Simpar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Sabtu (18/12021).

Mengingat masyarakat yang sangat bergantung pada usaha untuk meningkatkan perekonomian, maka tak heran jika banyak usaha yang didirikan, mulai dari usaha kecil, menengah, hingga usaha besar, selain itu banyaknya persaingan usaha yang datang dari masyarakat luar, juga warga masyarakat,desa sendiri.

“BUMDes harus memiliki Market yang menjual kebutuhan pokok masyarakat” katanya Syekh Abidin.

Selain mendirikan tempat market BUMDes, desa setempat juga berencana akan menjadi supplier kebutuhan pokok di setiap kios yang ada di Desa Simpar, serta menjadi pusat central pemasaran dan pembinaan UMKM.

Hal senada juga disampaikan oleh, Malikan, Direktur BUMDes “ARTA BERKAH” Simpar bahwa pengurus BUMDes dalam menggerakkan perekonomian ialah suatu amanah dengan harapan bisa berkolaborasi bersama para pelaku usaha dengan dinas terkait untuk meningkatkan perekonomian, selain itu fungsi dari BUMDes ialah membangun dan meningkatkan perekonomian Desa.

Desa Simpar yang memiliki berbagai macam profesi dan produk unggulan, seperti “krupuk lele” yang berbahan dasar dari ikan lele, sehingga dalam kondisi tersebut hasil produk UMKM bisa dipasarkan baik lokal, nasional, bahkan internasional.

 

“Turadi, selaku Kepala Desa Simpar pernah menyampaikan bahwa tahun inginkan kolaboratif dan inovatif, dalam hal ini Pemerintah Desa, juga melibatkan peran serta, ibu-ibu PKK, dan masyarakat untuk terus bersama sama membangun perekonomian masyarakat Desa Simpar melalui kolaborasi dan inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Simpar tak terkecuali hasil dari produk UMKM.”

Selain itu Pemdes juga berpesan semoga apa yang menjadi Visi Misi ketua BUMDes serta Kepala Desa setempat bisa dikembangkan dan direalisasikan dalam bentuk Program APBDES.” terangnya Abidin. (INo)

Memberikan Komentar anda