Beranda Berita Peduli Akan Lingkungan, Warga Kampung Kaum Lebak Gotong-Royong Perbaiki Jalan

Peduli Akan Lingkungan, Warga Kampung Kaum Lebak Gotong-Royong Perbaiki Jalan

209
0
BERBAGI

BHARATANEWS.ID|LEBAK – Warga Kampung Kaum Lebak, Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, bergotong-royong perbaiki jalan. Kegiatan gotong-royong memperbaiki jalan tersebut merupakan wujud kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Sabtu (11/07/2020).

Ketua pemuda Kampung Kaum Lebak Lukman mengatakan, warga Kampung Kaum Lebak sangat peduli terhadap lingkungan, setiap ada program pembangunan masyarakat selalu turut berpartisipasi.

“Alhamdulilah dengan adanya partisipasi dan gotong-royong masyarakat, setiap program dapat terselesaikan dalam waktu yang singkat,” katanya kepada Bharatanews, Minggu (11/07/2020).

Lukman Menjelaskan, jika tradisi kegiatan gotong royong di masyarakat Kampung Kaum Lebak sampai saat ini masih berjalan dengan baik.

“Adapun pengerjaannya yakni memperbaiki jalan tanjakan masuk ke Kampung Kaum Lebak, dan alhamdulilah kegiatan pembangunan jalan ini di biayai oleh warga melalui swadaya masyarakat dan di tambah oleh para donatur,”ucap nya

Ditempat yang sama, Babinsa Kelurahan Muara Ciujung Barat Sersan Satu (Sertu) Andi mengatakan, bentuk partisipasi masyarakat meliputi tiga hal. Yaitu bisa melalui partisipasi dalam bentuk uang atau barang, dalam bentuk tenaga, maupun melaui gagasan.

“Sehingga bentuk partisipasi bukan terorientasi pada uang atau barang saja. Akan tetapi ide maupun gagasan dan tenaga juga bisa,” katanya.

Menurut Sertu Andi, partisipasi dan swadaya gotong-royong masyarakat merupakan titik penentu dalam melaksanakan program pembangunan. Sehingga, sampai kapanpun gotong-royong masyarakat harus tetap dilaksanakan.

“Terlepas program pembangunan yang didanai pemerintah, antusias warga untuk turut serta dalam pelaksanaan pembangunan masih sangat tinggi,” katanya.

Sementara itu, salah satu donatur yang enggan disebutkan namanya menjelaskan, jika dirinya sebagai warga pribumi sudah sewajarnya ikut membantu dalam kegiatan pembangunan jalan tersebut.

“Kalau bukan kita siapa lagi, ini kan pembangunan jalan untuk kepentingan masyarakat banyak jadi saya juga ingin berbagi untuk masyarakat,”katanya

Ia berharap setelah jalan ini selesai agar warga bisa menjaga dan merawat jalan tersebut. (Sandi)