Beranda Berita Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Karhutla Dipimpin Langsung Kapolres Majalengka

Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Karhutla Dipimpin Langsung Kapolres Majalengka

0

BHARATANEWS.ID|MAJALENGKA – Polres Majalengka Polda Jawa Barat melaksanakan Apel Sinergitas Kesiapan Pengamanan dalam rangka Penanggulangan Bencana Alam Karhutla (Kebakaran Hutan Dan lahan) diwilayah Kabupaten Majalengka bertempat di halaman Apel Mako Polres Majalengka, Senin (6/7/2020).

Dalam upaya kesiapsiagaan penanggulangan bencana, Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Dr.Bismo Teguh Prakoso memimpin pelaksanaan apel. Dimana apel didampingi Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Dandim 0617/Majalengka Letkol Inf.Harry Subarkah, dan dihadiri Danyon 321, Forkopimda Kabupaten Majalengka dan Pejabat dari unsur TNI dan Polri, pejabat instansi terkait meliputi Satpol PP, BPBD, Basarnas, Tagana, serta anggota dari tiap instansi sebagai pasukan apel.

Sementara Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Dr Bismo Teguh Prakoso dalam amanatnya menyampaikan, bahwa Apel Sinergitas Kesiapan Pengamanan Penanggulangan Bencana Alam Karhutla ini merupakan bentuk kesiapan kita dalam menanggulangi bencana, khususnya Kebakaran Hutan dan Lahan” jelasnya.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Drs. S. Erlangga mengatakan, bahwa TNI-Polri dan Instansi terkait serius mencegah terjadinya Karhutla dengan melakukan kegiatan- kegiatan Preventif, dan Polres Majalengka akan bertindak tegas terhadap pelaku pembakaran Hutan dan Lahan.

Menurutnya kejadian karhutla merupakan peristiwa yang dapat mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis lainnya, tambah Kabid Humas Polda Jabar.

Kapolres Majalengka Polda Jabar menerangkan dalam menangani bencana khususnya Kebakaran Hutan dan Lahan dibutuhkan kerjasama baik antara petugas dan masyarakat “TNI-POLRI dan Instansi terkait serta masyarakat bersinergi dalam mencegah dan menanganinya”.

“Untuk itu melalui Apel Sinergitas Kesiapan Pengamanan Penanggulangan Bencana Alam Karhutla diharapkan dapat memberikan semangat yang sama sehingga bisa memaksimalkan dan menjalankan fungsi peran masing-masing guna menunjang tugas dan pengabdian kepada masyarakat,” tambah Kapolres.

Usai Apel Gelar Pasukan, unsur Forkopimda dan undangan melakukan pengecekan peralatan penanggulangan bencana dan kebakaran diantaranya mesin pompa air, Rangsel air, mesin pemadam, watermaster, tabung oksigen beserta Masker, jaket anti api termasuk kendaraan operasional.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Majalengka memberikan bantuan perlengkapan alat Taktis Pemadam Kebakaran berupa 3 (tiga) Torn masing masing 5000 Liter, 50 Pcs Rangsel Air (Water Bag) Penanganan Karhutla, dan 50 Pcs Face Shield, genset, oksigen dan perlengkapan penunjang lainnya.

Kemudian diserahkan Kepada Anggota Satgas Karhutla, Pemberian bantuan alat perlengkapan Karhutla antisipasi karhutla dalam rangka peduli karhutla, ungkap Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso. (Ft)

Memberikan Komentar anda