Beranda Berita Satlantas Polresta Cirebon Berikan SIM D Gratis Khusus Difabel

Satlantas Polresta Cirebon Berikan SIM D Gratis Khusus Difabel

0

BHARATANEWS.ID|CIREBON – Mira (39), sumringah saat mendapatkan surat izin mengemudi (SIM) D gratis dari Satuan Lantas Polresta Cirebon, dimana SIM D merupakan SIM khusus bagi difabel.

Mira datang ke Polresta Cirebon dengan sepeda motornya yang sudah dimodifikasi. Motor bebek milik Mira dimodifikasi, disesuaikan dengan kondisi fisiknya. Motornya beroda tiga. Selain itu, Mira juga memodifikasi pedal untuk oper gigi menggunakan tuas.

Secara otomatis, pengoperasian sepeda motor milik Mira terfokus menggunakan tangan. Sebab, kaki Mira lumpuh sejak usia dini. Pria asal Desa Cengkung, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon itu menggunakan alat bantu untuk berjalan.

“Alhamdulillah senang bisa punya SIM. Kondisi seperti ini sejak kecil, sejak usia pas mau belajar berjalan,” kata Mira saat berbincang dengan Wartawan di Mapolresta Cirebon, Jalan Raden Dewi Sartika Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (30/6/2020).

Mira berhasil lulus uji SIM, baik secara teori maupun praktik. Ia menggunakan motor bebek yang sudah dimodifikasi saat mengikuti ujian praktik SIM D.

Mira tak menampik masih banyak teman-teman yang ingin memiliki SIM D. Namun, terkendala karena tak memiliki kendaraan khusus, kendaraan yang telah dimodifikasi.

“Ya banyak. Susah karena kendaraannya tidak seperti ini,” katanya.

Mira tercatat sebagai atlet angkat berat Kabupaten Cirebon. Ia masih aktif mengikuti Pekan Paralimpik Daerah (Peparda). Bahkan, Mira sempat meraih perak saat tampil di Paperda Bekasi tahun 2014 silam

“Sekarang lagi persiapan buat Paperda di Bogor. Terakhir meraih medali itu waktu di Bekasi, juara dua,” katanya.

Mira berharap bisa memotivasi teman-temannya untuk mengajukan SIM D. Sebab, semua warga negara mendapatkan hak yang sama untuk bisa berkendara.

Di tempat yang sama, Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi, S.I.K., M.Si menyampaikan sebanyak enam orang difabel yang mendapatkan SIM D gratis. Pembagian SIM gratis tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-74. Selasa (30/06/2020).

“Hari ini kita bagikan SIM gratis untuk enam orang. Mereka mengikuti proses uji SIM, teori dan praktik. Semuanya lulus, minimalnya penglihatan dan pendengaran normal,” ucap Kapolresta Cirebon.

Pembagian SIM gratis bagi difabel itu sebagai refleksi untuk memotivasi anggota polisi, masyarakat pada umumnya.

“Semoga ini menginspirasi. Dengan kondisinya itu, mereka tetap berkarya dan mencari nafkah. Mendorong kita untuk meniru semangatnya,” kata Kapolresta Cirebon.

Kapolresta Cirebon juga menerangkan tentang alasannya membagikan SIM gratis kepada difabel di Cirebon. Salah satunya untuk menyosialisasikan tentang hak yang sama bagi warga negara untuk berkendara.

“Karena memang hak mengemudikan kendaraan bermotor itu milik semua orang. Kepemilikan SIM sudah diatur undang-undang. Teman teman yang disabilitas bisa mengurus atau memohon SIM D,” terang Kapolresta Cirebon. (Agus.S)

Memberikan Komentar anda