Beranda Berita Utama Soliditas Dan Sinergitas Gugus Tugas Bojonegoro Dalam Penanganan Covid-19

Soliditas Dan Sinergitas Gugus Tugas Bojonegoro Dalam Penanganan Covid-19

0

BHARATANEWS.ID|BOJONEGORO _ Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease atau Covid-19 Kabupaten Bojonegoro terdiri dari Bupati, Dandim 0813, Kapolres, dan Kajari Bojonegoro menyampaikan progres penanganan virus yang tengah menjadi pandemi di seluruh pelosok tanah air termasuk diwilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, saat meninjau shelter Pemkab Bojonegoro hari ini Rabu (22/4/2020) di Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander.

Terkait dengan tradisi pulang kampung atau mudik menjelang puasa dan lebaran Idul Fitri, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, menyampaikan bahwa akan terjadi lonjakkan dan tidak serta merta melarang bagi masyarakat yang mudik. Namun protokol kesehatan tetap dilakukan, tidak terkecuali pada siapapun. Pemkab Bojonegoro juga telah menyiapkan 430 shelter atau rumah singgah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Sebelum berkumpul dengan keluarga, warga yang datang dari luar daerah dikarantina terlebih dahulu selama dua pekan,” ujarnya.

Penanganan covid-19 ini harus dilakukan bergotong-royong, bersama segenap elemen masyarakat. Tidak hanya ketersediaan shelter yang ada di seluruh desa-desa saja, pemkab Bojonegoro juga menyiapkan rumah isolasi yang menggunakan gedung BLK milik Pemprov Jatim. Dan penggunaannya sudah disetujui Gubernur Jatim.

“Karantina dilakukan untuk upaya menetralisir dan mencegah penyebaran covid-19. Ketersediaan makanan diberi pihak desa, tiga kali dalam sehari. Serta disediakan peralatan mandi dan perlengkapan tidur. Dan anggarannya diambil dari APBDesa,” tutur Bupati Anna Muawanah.

Di kesempatan yang sama, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf Bambang Hariyanto, mengatakan bahwa percepatan penanganan covid-19 ini sudah berjalan baik dalam wadah gugus tugas. Semua pihak sudah bersinergi dan bekerjasama. Partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan.

“Kami membutuhkan peran masyarakat semua, karena wabah ini baru dalam penanggulangan dan sangat luas dampaknya. Sehingga sambil berjalan, kita perbaiki kekurangannya. Kami akan terima saran dan masukan buat kebaikan bersama. Semoga covid-19 ini segera berlalu, sehingga kehidupan masyarakat dapat berjalan normal, begitu juga pembangunan daerah Bojonegoro,” pungkasnya. (*/Fito)

Memberikan Komentar anda