Beranda Berita Utama Gempa Tektonik Guncang Konawe Selatan Sultra

Gempa Tektonik Guncang Konawe Selatan Sultra

0

HARATANEWS.ID|KONAWE SELATAN _ Gempa tektonik bermagnitudo 2.9 mengguncang wilayah Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tepatnya di sebelah Barat Daya Kota Kendari. Gempa tidak berpotensi Tsunami.

Informasi yang disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, Senin (30/03/2020) malam, gempa M 2,9 Konawe Selatan berkedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di Barat Daya Kendari,” kata Rosa melalui keterangan persnya yang diterima bharatanews.id.

Rosa menyebutkan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.14 Lintang Selatan, 122.39 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 32.6 km Barat Daya Kendari. Gempa dilaporkan terjadi pukul pukul 20:06:26 WITa,

“Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Ranomeeto II MMI, Kendari II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).” jelasnya.

Rosa Amelia bilang, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 20:36 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandasnya. (Den)

Memberikan Komentar anda