Beranda Berita Utama DPD Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor Banten Menggelar Pelantikan Pengurus

DPD Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor Banten Menggelar Pelantikan Pengurus

0

BHARATANEWS.ID|SERANG _ Deri Permana Hadiawan resmi dilantik menjadi Ketua Aksi Relawan Mandiri (ARM) DPD Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Banten. Periode tahun 2020-2024 dan pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh pengurus DPP ARM HA IPB di Aula Gedung Negara/Pendopo Lama Pemprov Banten, Pada Selasa (10/3/2020).

Deri menerangkan, bahwa ARM ini menurutnya badan otonom bidang kemanusiaan yang dibentuk oleh HA IPB pada tahun 2019 lalu.

Fungsi ARM sendiri kata Deri, yakni untuk mewadahi kepedulian alumni IPB dalam bentuk kegiatan kesukarelawanan untuk membantu pemerintah meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam dan krisis kemanusiaan lainnya yang terjadi di tanah air ini.

“Sesuai visi ARM, yaitu “bermartabat menebar manfaat”, maka kita bersama jajaran pengurus sudah berkomitmen untuk terus meningkatkan peran kemanusiaan, dengan memberikan manfaat kepada masyarakat, terutama masyarakat yang terdampak bencana alam dan krisis kemanusiaan lainnya,” katanya.

Lebih lanjut Deri menjelaskan, bahwa dibentuknya ARM ini menurutnya selain untuk menampung dan mendayagunakan energi kebaikan para alumni dalam kepedulian terhadap bencana, juga bertujuan untuk dapat menstimulasi dinamika aktivitas alumni IPB, baik tingkat DPD maupun DPC.

“Dan terpenting, kita juga tentunya akan turut mempertahankan dan meningkatkan predikat bangsa Indonesia sebagai bangsa paling dermawan di dunia,” ujarnya.

Adapun program-rogram ARM, terang Deri, diproyeksikan pada enam bidang, diantaranya tanggap darurat bencana, layanan kesehatan, pendidikan berupa sekolah darurat, penyediaan serta distribusi perlengkapan dan alat sekolah.

“Kemudian di bidang ekonomi berupa program stimulus untuk UKM, program pendampingan kepada kalangan petani, peternak, pekebun dan nelayan,” imbuhnya.

Selanjutnya, kata Deri, di bidang kemanusiaan, ARM juga memliki program yang dinamakan Algana (Alumni Siaga Bencana). Dan terakhir di bidang kesiapsiagaan, ARM juga akan melakukan pelatihan penanggulangan bencana dengan target civitas akademik IPB, alumni, serta masyarakat di daerah bencana binaan.

“Relawan ARM ini menjalankan tugasnya dengan memberikan pelayanan, baik langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, dengan tujuan memberi manfaat kepada masyarakat,” tukasnya. (sandi)

Memberikan Komentar anda