Beranda Berita Utama BMKG Wilayah III Denpasar Berikan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Untuk Tiga Wilayah...

BMKG Wilayah III Denpasar Berikan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Untuk Tiga Wilayah di Bali

0

BHARATANEWS.ID|BULELENG _ Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengingatkan masyarakat di Kabupaten Buleleng, Bangli dan Karangasem terkait cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi hujan lebat dan gelombang tinggi.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wiryajaya di Denpasar, menyebutkan bahwa pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca ekstrem di tiga wilayah itu yang diperkirakan dari bulan Januari-Maret.

Tinggi gelombang laut di perairan Utara Bali diperkirakan mencapai hingga empat meter dan perairan Selatan Bali diperkirakan mencapai hingga lima meter.

Sementara ditempat terpisah Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Buleleng, melalui Sekertaris Wayan Susila, kepada RRI Kamis (9/1/2020) mengatakan pihaknya telah mengatensi imbawan tersebut kepada masyarakat di wilayah pesisir perairan Buleleng, terlebih Potensi Bencana untuk diwilayah Buleleng sulit diprediksi.

“Kita sudah atensi masyarakat pesisir melalui Camat masing-masing, harapannya untuk seluruh warga waspada terhadap potensi cuaca yang eksterm. Jangan sampai kejadian tahun 2018 terjadi karena tidak ada kesigapan masyarakat,” tutur Susila.

Meski diakui hingga saat ini dari hasil pemantauan BPBD Buleleng untuk perairan wilayah Bali Utara tergolong masih aman, namun pihaknya tetap meminta warga masyarakat untuk selalu waspada. Sekertaris BPBD Wayan Susila berharap melalui peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Wilayah III Denpasar dapat mengurangi dampak resiko terhadap potensi bencana.

Hingga saat ini BPBD Buleleng telah menyiagakan Posko pos siaga penanggulangan bencana dengan menempatkan 22 personel baik dari Polri, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Basarnas dan TNI. (**/Ft)

Memberikan Komentar anda