Beranda Berita Utama Dampak Banjir Bandang di Lebak, Ada 28 Jembatan Rusak

Dampak Banjir Bandang di Lebak, Ada 28 Jembatan Rusak

0

BHARATANEWS.ID|LEBAK – Ada sekitar 28 jembatan rusak setelah diterjang bencana banjir bandang dan longsor, yang telah tercatat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lebak. Seluruh jembatan yang rusak tersebut tersebar di enam Kecamatan di Kabupaten Lebak. Selasa (7/01/2020).

Dari jembatan yang rusak tersebut masing-masing berada di Kecamatan Sajira, Cipanas, Lebakgedong, Curugbitung, Maja dan Cimarga.

Dari data yang diterima wartawan Kecamatan Cipanas menjadi wilayah paling banyak jembatan rusak dengan total 11 jembatan, 3 jembatan di Kecamatan Lebakgedong, 1 jembatan di Maja, 1 jembatan di Curugbitung, 7 jembatan di Sajira dan 4 jembatan di Kecamatan Cimarga.

“Jembatan yang rusak tersebut yakni jembatan gantung non permanen, permanen, komposit sampai rangka,”kata Kepala DPUPR Lebak, Maman Suparman kepada awak media, Selasa (7/01/2020).

Maman menjelaskan, selain jembatan ada juga beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan akibat banjir bandang. Dimana hasil verifikasi dan cek lokasi kerugian diprediksi mencapai Rp56 Miliar.

“Diperkirakan kerugian akibat banjir bandang dalam segi infratsruktur baik jalan ataupun jembatan sekitar Rp56 miliar,”katanya.

Untuk penanganan sementara mengenai jembatan yang terputus, Maman mengaku telah berkoordinasi dengan pihak TNI – Polri dan masyarakat untuk membangun jembatan sementara.

“Kita bikin jembatan sementara dan ini sudah kota lakukan kerjasama TNI-Polri masyarakat sehingga akses ini bagaimana upaya pemerintah memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang terkena bencana sehingga kita sudah melakukan dan akses untuk masyarakat sudah berjalan sekarang,”tuturnya.

Maman menegaskan untuk perbaikan infrasruktur tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat, dan pemerintah Kabupaten Lebak akan mengupayakan secepat mungkin. (sandi)

Memberikan Komentar anda