Beranda Berita Utama Bentuk Generasi Peduli Kamtibmas, Polres Batang Menggelar Jumbara PKS

Bentuk Generasi Peduli Kamtibmas, Polres Batang Menggelar Jumbara PKS

0

BHARATANEWS.ID|BATANG – Polres Batang menggelar Jumpa Gembira Patroli Keamanan Sekolah (Jumbara PKS) tingkat SMP/SMA se-Kabupaten Batang, Jum’at (20/12/2019).

Acara tersebut dimulai pada 20-22 Desember di halaman dinas ketenagakerjaan, bertujuan untuk mewujudkan generasi tertib berlalu lintas dan peduli terhadap situasi keamanan serta ketertiban masyarakat yang kondusif.

Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga mengatakan, Polri sebagai komponen utama pembina keamanan dan ketertiban masyarakat, bertanggung jawab dalam membina unsur-unsur potensi masyarakat.

“Polri bekerja sama dengan potensi-potensi keamanan swakarsa, salah satunya adalah Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Untuk menjaga dan memelihara suasana kamtibmas yang kondusif, salah satunya adalah Patroli Keamanan Sekolah (PKS),” tuturnya.

Lebih lanjut Kapolres menerangkan, Bahwa ekstra kurikuler PKS merupakan salah satu kegiatan yang mendidik pelajar untuk memiliki jiwa kedisiplinan dan rasa nasionalisme yang tinggi, Fisik maupun mental yang tangguh.

“Anggota PKS juga harus memiliki pengetahuan hukum yang memadai, anti narkoba dan mempunyai kesadaran diri dalam berperan di lingkungan serta untuk menjaga kamtibmas,” jelasnya.

Kapolres menambahkan, Polres batang bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan menandatangani MOU di bidang pembinaan pelajar. Salah satu implementasinya melalui pembinaan PKS di tingkat SMP dan SMA.

“Puncaknya adalah diadakannya lomba PKS tingkat SMP dan SMA, untuk meningkatkan juga menanamkan kedisiplinan pelajar,” tandasnya.

Disampaikan juga dari Ketua Panitia Jumbara PKS Widura Prasetyawan, Untuk Peserta Jumbara PKS ini diikuti oleh 26 sekolah terdiri dari tingkat SMP yang berjumlah 10 dengan peserta 300 pelajar, dan SMA berjumlah 16 sekolah dengan peserta 447 pelajar.

“Semua peserta diharapkan supaya bisa mengikuti kegiatan ini sebagaimana mestinya yang sudah dijadwalkan, makan teratur dan istirahat yang cukup, tetap jaga kondisi kesehatan badan agar bisa mengikuti kegiatan sampai selesai dan lancar,” Imbauanya.

Widura menjelaskan, dipilihnya halaman Disnake karena untuk lokasinya sangat strategis, dan banyak tempat yang dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan beragam lomba.

“Banyak lomba yang akan diadakan dalam kegiatan tersebut, seperti lomba PBB, Senam Lantas, Simulasi Pengaturan Lantas, Cerdas Cermat, seni budaya dan artikel, yang akan di ikuti tiap – tiap peserta, terangnya. (Niko)

Memberikan Komentar anda