Beranda Berita Utama Polres Padang Sidempuan Menggelar Rakor Dalam Rangka Operasi Lilin Toba 2019

Polres Padang Sidempuan Menggelar Rakor Dalam Rangka Operasi Lilin Toba 2019

0

BHARATANEWS.ID|PADANG SIDEMPUAN _ Kepolisian Resort Padang Sidempuan menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan Operasi Lilin toba 2019 yaitu pengamanan natal dan tahun baru 2020 yang di gelar di aula Endra Darmalaksana Polres Padangsidimpuan. Rabu (18/12/2019).

Rapat yang di pimpin Waka Polres Padang Sidempuan Kompol Matnur Dalimunte SH dihadiri oleh TNI, Forkopimda Padang Sidempuan beserta Instansi terkait dan tamu undangan lainya.

Rapat koordinasi tersebut mengusung tema melalui Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Bidang Operasional kita sinergikan Pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 untuk meningtkatkan Pelayanan yang PROMOTER kepada Masyarakat.

Waka Polres Padang Sidempuan Kompol Matnur dalimunte SH mewakili Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya S.IK.M.H saat membuka acara tersebut mengatakan,” untuk rapat ini membahas persiapan pengamanan Natal 25-26 desember 2019 dan Tahun baru 2020 dari itu masing-masing intasi yang terlibat untuk dapat lebih berperan aktif,” pungkasnya.

Waka Polres Padangsidimpuan Kompol Matnur Dalimunte menjelaskan, perkiraan ancaman dalam rangka perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, diantaranya dalam Bidang politik mengingat Pilpres dan Pilkada di wilayah Kota Padang Sidempuan. Dimana baru selesai dilaksanakan dianggap tidak terlalu mempengaruhi terhadap keamanan perayaan Natal dan Tahun baru.

Kemudian untuk Bidang Ekonomi, masalah kenaikan harga tidak seperti saat menjelang lebaran dan Bidang Sosial dan budaya, termasuk pengawan tempat-tempat wisata dan kolam renang pada saat tahun baru. Dan untuk perayaan Natal dan Tahun baru dan perlu juga kita antisipasi gereja-gereja, kenakalan remaja yang sering melakukan tawuran, sertaย  perkelahian pada malam hari.

Dan ancaman kelompok Radikal yang merongrong NKRI, seperti kejadian yang terakhir peledakan BOM di Polrestabes Medan berdasarkan analisa Intelijen bahwa Kelompok-kelompok ini beraplikasi ke ISIS yang sangat kita hawatirkan yang akan melakukan serangan-serangan dengan sasaran petugas-petugas PAM (Toghut).

“Kami berharap kiranya ada kerjasama antar petugas Pam dengan panitia Gereja atau Naposo nauli bulung (Muda /Mudi), untuk ops lilin toba 2019 ini, kita berharap lebih baik dari yang sudah-sudah dan disini kita hadir untuk saling memberikan masukan dan memahami peran masing-masing,demi keberhasilan bersama mari kita saling menyampaikan baik itu saran atau pendapat sehingga nanti di lapangan dapat terealisasi sebagai mana konsep yang kita rencanakan,โ€ ucap Wakapolres Kompol Matnur dalimunte.

Selanjutnya Wakapolres menuturkan,Beberapa hari kedepan kita akan menghadapi agenda keagamaan Natal 2019 dan agenda tahun baru 2020. Kegiatan tersebut menjadi atensi kepolisian untuk dilaksanakan pengamanan. Dari itu kita menggelar rapat koordinasi dalam rangka kesiapan menghadapi Operasi Lilin toba 2019.

โ€œMari kita pastikan kesiapan seluruh pihak terkait untuk mendukung suksesnya pengamanan Natal dan tahun baru. Karena semua kegiatan tidak bisa dihandle hanya dari kepolisian saja. Karena Operasi Lilin toba ini merupakan operasi kemanusiaan, dibutuhkan peran serta seluruh pihak sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan peranan masing-masing,โ€ tambahnya.

Dalam menghadapi Operasi Lilin 2019 Polres Padang Sidempuan menyiapkan beberapa kegiatan, mulai dari sterilisasi gereja sebelum kegiatan ibadah serta pengamanan di gereja. Selain itu dilakukan pengamanan jalur dan objek wisata yang ada di kota Padang Sidempuan serta rangkaian kegiatan masyarakat dalam rangka tahun baru 2020.

Pengamanan di gereja dilakukan oleh anggota Polres Padangsidimpuan dan juga melibatkan dari Polsek Jajaran dan dibantu TNI dari Kodim 0212/Tapsel.

Selain itu, LILIN TOBA-2019โ€ di wilayah kota Padangsidimpuan selama 10 Hari dan Pam Natal 2019 dan Tahun baru 2020 guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di Kota Padangsidimpuan.

Rapat koordinasi juga diisi dengan paparan oleh Kasat Intelkam AKP Ahmad Fauzi tentang perkiraan kerawanan terkait Natal 2019 dan tahun baru 2020, Selain itu, disampaikan juga sejumlah kegiatan masyarakat dan kegiatan keagamaan yang akan dilaksanankan terkait Natal 2019 dan tahun baru 2020.

Selanjutnya Paparan Kabag Ops Kompol Aswat tarigan SE. menyampaikan Kerawanan Operasi Lilin toba 2019, seperti daerah rawan kecelakaan lalulintas, daerah rawan kriminaitasdan peredaran Narkoba, daerah rawan longsor, daerah Arus mudik, daerah rawan Berpotensi rawan macet,

Hadir dalam rapat Kabag Ops KompolnAswat tarigan SE, Kasat Sabhara AKP Rudi Siregar SH ,Kasat Lantas AKP Junaidi, SH,Kasat Reskrim AKP Abdi Abdullah SH, KBO Satbinmas Iptu Efendi Lubis, Kanit Laka Lantas Iptu IRSAN Bakti Harahap, Kasiwas Iptu D.Siregar, mewakili Walikota Padangsidimpuan Asisten I Iswan Nagabe Lubis, mewakili Dandim 02/ TS Danramil 02/Kota Psp Kapten Infantri B. Hutabarat.

Kemudian yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu, Mewakili Danyon 123 Rajawali Lettu Infantri Edy Saputra Ritonga, Mewakili Danden POM Serka B. Simanjuntak, Mewakili Kadishub Aceh Soripada Hutasuhut, Mewakili Satpol PP R. Siregar, Mewakili Satpol PP Bahrum P. Nasution, Korlap DPC Organda Kota Psp A. R. Nurdin, mewakili Damkar Kota Padang Sidempuan Agusman Siregar, Mewakili Kadis Kesehatan H. Kombang Ali Yasin, mewakili BPBD Anada Luddin. Selanjutnya acara di lanjutkan Photo bersama dan berakhir. (Nang)

Memberikan Komentar anda