Beranda Bogor Kantor Hukum DRDR Selenggarakan Training Hukum Bagi Warga Binaan Lapas Paledang

Kantor Hukum DRDR Selenggarakan Training Hukum Bagi Warga Binaan Lapas Paledang

0

BHARATANEWS.ID | BOGOR – Bertempat di Aula Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bogor atau dikenal dengan Lapas Paledang pada hari Jumat (22/11/2019) Para Warga Binaan mendapat pencerahan seputar pengetahuan hukum dari Kantor Hukum DRDR (DR. Dudung dan Rekan). Sebanyak 100 (seratus) orang Warga Binaan yang rata-rata sedang menjalani proses hukum mendapat pengetahuan baru seputar dunia hukum. Training ini merupakan program rutin bulanan kerjasama antara Lapas Paledang dengan Kantor Hukum DRDR

Hadir sebagai pembicara adalah Advokat DR. Dudung Amadung Abdullah, SH yang juga Founder Kantor Hukum DRDR, serta Advokat Hidayatullah, SH dan Alfarika Setiawan, SH. Materi yang diberikan oleh para pembicara pada kesempatan hari jumat kemarin adalah : Kiat Menghadapi Perkara Hukum, Hak-Hak Terdakwa dan Tersangka dalam Proses Hukum, serta Tahapan Penyelesaian Perkara Pidana. Dudung juga menjelaskan tentang tokoh-tokoh besar di Indonesia dan dunia yang pernah menjalani hukuman penjara, namun kemudian berhasil menjadi pemimpin dunia dan memberi warna pada pembangunan negerinya bahkan dunia.

“Dengan Training ini diharapkan warga binaan bisa memahami aturan hukum dengan baik, sehingga kedepannya mereka bisa menjadi wara negara yang taat hukum”, demikian papar Dudung yang juga Direktur LBH Hidayatullah dan Dosen STIH Dharma Andigha.

Acara yang berlangsung selama dua jam, dimulai pukul 13.30 dan berakhir pukul 15.00 berlangsung hidup dan interaktif, Warga Binaan yang menjadi peserta mengikuti dengan antusias hingga acara selesai. Diantara mereka juga mengajukan pertanyaan seputar kasus yang mereka hadapi serta beberapa pengalaman yang mereka alami selama berhadapan dengan hukum.

Salah seorang peserta menyampaikan bahwa selama ini dia tidak paham tentang aturan dan prosedur hukum, sehingga ketika berhadapan dengan hukum dia nerasa kalut dan bingung, tidak memahami langkah yang harus dilakukan. Padahal dia merasa bahwa ia hanya korban dari ketidaktahuan hukum.

Selesai Acara, Kepala Bina Rohani Lapas Paledang, Oman Fadilah, yang juga mendampingi hingga acara selesai, berharap agar Kegiatan ini berlangsung rutin, karena sangat bermanfaat bagi Warga Binaan.

Roni menyampaikan bahwa Pihak LP merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut
Kepala LP Paledang, Teguh Wibowo, BcIP, SH, MSi, dalam sambutan penghantar saat program kerjasama training ini dilaksanaan berharap Training ini bisa memberikan wawasan bagi Para Warga Binaan tentang Hukum, sehingga kedepannya mereka bisa menjadi warga negara yang taat hukum, selepas menyelesaikan hukuman di Lapas, mereka bisa kembali ke tengah-tengah masyarakat dengan menjunjung dan mentaati aturan hukum.

Disamping itu, Kalapas juga berharap agar para warga binaan yang sekarang sedang berhadapan dengan hukum atau dalam proses penyelesaian hukum, bisa memahami hak-haknya sebagai tersangka maupun terdakwa. (DRDR)

Memberikan Komentar anda